SOLOPOS.COM - Assistant Manager Yakult Lady Department, Erna P. Matahelumual, dalam Talkshow Virtual Hari Ibu: Cerita Ibu Inspirasiku, yang digelar Solopos Media Group bersama Yakult, yang disiarkan di Youtube Espos Live, Kamis (21/12/2023).(Tangkapan Layar)

Solopos.com, SOLO — Saat ini, perempuan bisa berkiprah di bidang apa saja untuk aktualisasi diri dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Hal inilah yang tampaknya ingin diwujudkan PT Yakult Indonesia Persada, produsen susu fermentasi ternama melalui program Yakult Lady. 

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Assistant Manager Yakult Lady Department, Erna P. Matahelumual, menjelaskan Yakult Lady merupakan mitra kerja dari Yakult.  Yakult Lady Indonesia juga bagian dari Yakult Lady yang ada di luar negeri. Sebagian besar dari Yakult Lady adalah kalangan ibu rumah tangga.

Melalui program kemitraan tersebut, mereka mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan Yakult untuk mengirimkan produk Yakult kepada masyarakat atau pelanggan. Wilayah operasional Yakult Lady juga disesuaikan dengan tempat tinggal. Dengan begitu tidak akan mengganggu tugas lainnya sebagai ibu rumah tangga.

Tidak dimungkiri, banyak dari para ibu rumah tangga, tertarik bergabung sebagai Yakult Lady adalah untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Dalam proses perekrutan, pihak Yakult juga melakukan komunikasi dengan calon Yakult Lady. Salah satunya untuk mengetahui tujuan mereka bergabung. Erna mencontohkan, ada beberapa alasan ibu-ibu rumah tangga ingin bergabung menjadi Yakult Lady karena ingin menyekolahkan anak, membeli rumah, umrah dan sebagainya.

“Dari keinginan-keinginan tersebut, saat sudah bergabung, secara berkala kami selalu komunikasi dengan mereka, mengingatkan dan memotivasi tujuan awal dia bekerja. Tujuannya supaya apa yang menjadi cita-cita itu bisa tercapai,” jelas dia.

Dengan begitu orientasi program Yakult Lady bukan hanya meningkatkan penjualan produk, namun juga meningkatkan kualitas hidup para Yakult Lady.

Lebih lanjut Erna menjelaskan, peran Yakult Lady di lapangan bukan hanya mengirimkan produk ke pelanggan. Mereka juga bisa memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat tentang hidup bersih, hidup sehat dan sebagainya.
Untuk itu, sebelum melepas Yakult Lady ke lapangan, pihak Yakult juga memberikan bekal kepada para Yakult Lady. Di antaranya adalah bekal kemampuan di bidang komunikasi.

“Dengan adanya pelatihan yang diberikan, ibu-ibu komunikasinya meningkat dan bisa memberikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Jadi, yang awalnya ibu rumah tangga biasa menjadi ibu rumah tangga yang luar biasa yang selalu dinanti pelanggannya,” kata dia.

Saat ini jumlah Yakult Lady secara nasional sudah mencapai lebih dari 11.000 orang. Di wilayah Solo saja, hingga November 2023, jumlah telah mencapai sekitar 174 Yakult Lady.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya