SOLOPOS.COM - Ibu rumah tangga asal Solo, Diah Sasanti, 45, yang telah menjadi Lady Yakult selama kurang lebih 17 tahun.(Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya sukses terutama di bidang pendidikan. Begitu juga, Diah Sasanti, 45, ibu rumah tangga di Solo yang juga sangat memperhatikan pendidikan anaknya.

Dia sangat ingin kedua anaknya bisa mengenyam pendidikan di sekolah yang menurutnya terbaik agar masa depannya cerah.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Untuk mewujudkan hal itu, dia pun tak keberatan membantu sang suami guna mencari tambahan penghasilan. Pada 2006, saat anak-anaknya masih berusia di bawah 6 tahun, dia memutuskan untuk bergabung dengan Yakult Lady, sebuah program kemitraan yang digagas PT Yakult Indonesia Persada, produsen minuman susu fermentasi.

“Jadi awalnya saya tidak ada pekerjaan khusus, masih sebatas ibu rumah tangga. Kemudian saya gabung di Yakult Lady pada 1 April 2006. Saat itu anak saya yang pertama usia 5 tahun, anak kedua 3 tahun,” kata dia kepada Solopos.com, Kamis (21/12/2023).

Sebenarnya Diah juga memiliki keahlian lain, yakni merias pengantin. Hanya, pendapatan dari rias pengantin tidak bisa dipastikan, karena sangat tergantung dengan momentum, tidak bisa dipastikan setiap bulannya.

Dengan alasan untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan menambah pendapatan dari sang suami yang bekerja freelance sebagai pengrajin pendok keris, dia mantap untuk bergabung dengan Yakult Lady.

“Bukan berarti tidak bersyukur dengan pendapatan suami, namun saya berpikir untuk membantu, supaya lebih cukup. Sebab kebutuhan saat berkeluarga juga banyak,” lanjut dia.

Saat itu dia mendapatkan area distribusi atau area pemasaran di sekitar Pasar Klewer, Solo. Lokasi yang cukup dekat dengan rumah orang tuanya, yang berada di Kelurahan Gajahan, Solo. Kebetulan saat itu dia masih tinggal bersama orang tua. Dia pun senang karena langkahnya untuk bergabung dengan Yakult Lady mendapat dukungan baik dari orang tua maupun suami.

Menurutnya dengan bekerja mengantarkan produk Yakult kepada pelanggan, jam operasionalnya cukup fleksibel. Bekerja sebagai Yakult Lady memiliki waktu operasional lima jam. Namun waktu tersebut juga dapat disesuaikan sesuai kondisinya sebagai ibu rumah tangga, misalnya bisa saja dua jam operasional itu dilakukan di pagi hari, kemudian tiga jam di sore hari, atau sebaliknya. Dengan begitu sisa waktunya masih bisa dimanfaatkan untuk menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga dan sebagai seorang ibu.

“Intinya, tidak mengganggu urusan keluarga, namun bisa mendapatkan penghasilan, dimana ending-nya adalah untuk kebahagiaan keluarga. Kan, ketika kebutuhan terpenuhi, kebahagiaan juga akan mengikuti,” kata dia.

Dia juga menceritakan, salah satu yang menjadi tujuan awal dirinya bergabung di Yakult Lady adalah untuk keperluan pendidikan kedua anaknya. Dia mengatakan sejak dia mengandung, dia sangat ingin bisa menyekolahkan anak-anaknya di Yayasan Al Islam di Solo. Dia pun senang sebab akhirnya keinginannya bisa terwujud.

Tujuan keduanya adalah bisa memiliki rumah sendiri. Pada 2008, setelah menabung dari hasil kerjanya, dia akhirnya bisa membeli rumah yang saat ini ditinggali bersama keluarga, di wilayah Kartasura, Sukoharjo.

Saat ini, sudah sekitar 17 tahun dirinya bergabung dengan Yakult Lady. Meski cita-citanya sudah terwujud, namun dia masih merasa nyaman menjalani aktivitas sebagai Yakult Lady. Dia menceritakan saat ini kedua anaknya sudah lulus dari SMA/SMK dan sudah bekerja.

Dia berharap ke depan program Yakult Lady tetap berjalan dan bisa menghasilkan Yakult Lady-Yakult Lady yang lebih sukses dan lebih baik darinya. Diketahui, Diah merupakan satu dari dua Yakult Lady di Indonesia yang pada 2011 lalu memenangkan kompetisi Sales Talk dengan hadiah sepeda motor matik. Kemudian pada 2012 mendapatkan reward untuk mengikuti Rewind Konvensi Yakult World di Jepang. Pada 2013 dia juga meraih penghargaan Shirota terbaik.

Saat ini dia menyadari usianya tak lagi muda. Untuk itu dia berharap ke depan akan muncul Yakult Lady-Yakult lady yang berprestasi dan lebih baik darinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya