SOLOPOS.COM - PT PLN (Persero) siagakan backup listrik 4 lapis melalui dua sumber penyulang listrik Tegangan Menengah (TM), Uninterruptible Power Supply (UPS), dengan backup power terakhir genset untuk mendukung kelancaran Pemilu 2024.(Istimewa)

Solopos.com, SEMARANGPT PLN (Persero) siagakan backup listrik 4 lapis melalui dua sumber penyulang listrik Tegangan Menengah (TM), Uninterruptible Power Supply (UPS), dengan backup power terakhir genset.

Selain itu PLN juga turut menyiagakan 3.983 personel yang bersiaga pada 121 posko tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta (DIY).

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi mengatakan pihaknya menyiagakan personel selama masa siaga pada 11 sampai dengan 17 Februari 2024 untuk mengawal suksesnya pesta demokrasi 5 tahunan kali ini.

“Kami menyiagakan personel dan backup kelistrikan pada 705 lokasi dari Kantor Komisi Pemilihan Umum [KPU] Provinsi, KPU Daerah, Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum [Bawaslu], hingga Panitia Pemilihan Kecamatan [PPK]. Khusus Kantor KPU Provinsi kami sudah siapkan backup kelistrikan 4 lapis agar andal kelistrikannya, dengan suplai listrik tanpa kedip,” ujar Soffin dalam keterangan tertulis.

Soffin menambahkan dalam siaga Pemilu 2024 di Jateng dan DIY kali ini PLN telah menyiapkan kesiapan kelistrikan pendukung berupa genset 85 unit, UPS 40 unit, UGB 154 unit, serta mobil operasional 316 unit, mobil PDKB Sentuh Langsung (SL) 14 unit, dan motor 425 unit. Menurutnya pasokan listrik di wilayah Jateng DIY pun masih sangat mumpuni di angka daya pasok 7.242 MW, beban puncak 5.067 MW dan cadangan daya sebesar 2.175 MW.

Selain menyiapkan personel dan alat tercanggih, PLN juga melakukan serangkaian kegiatan preventif berupa rabas-rabas pohon untuk menunjang keandalan jaringan dari gangguan kelistrikan pada Senin (12/2/2024).

Ketua KPU Jawa Tengah, Handi Tri Ujiono menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang telah mendukung pelaksanaan pemilu dari awal tahapan pemilu hingga nanti diakhiri dengan penghitungan suara di TPS.

“Kami memberikan apresiasi atas support mitigasi kebutuhan pasokan listrik pada proses tersebut dari tingkat TPS, rekapitulasi di tingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi di Jawa Tengah. Keandalan PLN telah teruji dan betul-betul dapat mendukung pelaksanaan Pemilu 2024. Kita semua berharap kerja keras kita ini dapat menghasilkan Pemimpin yang menuju demokrasi yang substansial,” ujar Handi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya