SOLOPOS.COM - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah kerjanya siap.(Istimewa)

Solopos.com, JOGJA – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah kerjanya siap melayani para pengguna kendaraan listrik pada momentum liburan dan perayaan Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024.

Sebanyak 34 SPKLU dengan 50 Electric Vehicle (EV) Charger yang tersebar di 24 Kota Kabupaten Jawa Tengah dan DIY telah disiapkan untuk pengisian daya kendaraan listrik bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik atau berlibur.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti dalam kunjungannya ke sejumlah SPLKU di Jawa Tengah dan DIY turut melakukan pengecekan infrastruktur dan fasilitas SPKLU untuk kenyamanan pelanggan.

“Kesiapan infrastruktur listrik menjadi kunci utama dalam menghadapi lonjakan kebutuhan energi selama musim liburan. Untuk itu kami ingin memastikan bahwa pengguna mobil listrik dapat menikmati layanan listrik dengan aman dan nyaman selama di perjalanan,” tutur Edi saat mengunjungi SPKLU PLN UP3 Yogyakarta pada Sabtu (23/12/2023) dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com.

Dari 50 EV Charger yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan DIY, 7 di antaranya merupakan SPKLU Ultra Fast Charging (UFC) 200 kW yang memungkinkan pengendara mobil listrik mengisi daya baterai hanya dalam waktu 30 menit. Lokasinya berada di SPKLU PLN ULP Purwokerto Kota, Rest Area KM 379 A Ruas Batang – Semarang, SPKLU Balai Kota Semarang, SPKLU PLN UP3 Semarang, SPKLU PLN UP3 Surakarta, SPKLU PLN ULP Wates dan Istana Gedung Agung Yogyakarta.

General Manager PLN UID Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi menyatakan akan terus meningkatkan kualitas layanan SPKLU dan terus berkomitmen mendorong penggunaan energi yang ramah lingkungan.

“Hingga Desember 2023 ini konsumsi listrik pengguna SPKLU telah mencapai 222.853 kWh dengan pertumbuhan YoY 492%. Ini artinya antusias masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik semakin meningkat. Untuk itu kami akan terus berupaya meningkatkan layanan serta menambah infrastruktur untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik dengan bekerjasama dengan pihak terkait demi menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan,” ungkap Soffin.

Soffin menambahkan bahwa pihaknya telah merencanakan untuk menambah 155 SPKLU pada tahun 2024.

Ia juga mengajak pengendara mobil listrik agar dapat menggunakan layanan one stop solutions untuk semua kebutuhan kendaraan listrik dengan mengakses aplikasi PLN Mobile.

“Pengguna kendaraan listrik cukup membuka aplikasi PLN Mobile untuk mendapatkan informasi letak SPKLU, Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) terdekat hingga marketplace yang menyediakan kebutuhan masyarakat terkait kendaraan listrik,” jelas Soffin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya