SOLOPOS.COM - Pesawat Super Air Jet di Bandara Adi Soemarmo di Ngemplak Boyolali. (Solopos-Ni`matul Faizah)

Solopos.com, SOLO—Rute penerbangan di Bandara Adi Soemarmo di Ngemplak, Boyolali, kembali bertambah. Maskapai Super Air Jet (SAJ) membuka rute penerbangannya dari bandara tersebut dengan rute Solo-Balikpapan.

Dari sisi pariwisata, rute penerbangan Solo-Balikpapan melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali tersebut juga dinilai sebagai pasar potensial.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Rute baru tersebut mulai beroperasi pada Jumat (2/2/2024). Penerbangan dilakukan menggunakan pesawat jenis Airbus 320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi. Rute Solo-Balikpapan merupakan bagian dari komitmen Super Air Jet dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Rute baru tersebut juga akan memberikan akses yang lebih mudah dan cepat antara dua kota besar di Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa yang memiliki potensi ekonomi, sosial dan pariwisata yang tinggi.

“Ini sebagai wujud komitmen Super Air Jet untuk mendukung program pemerintah #DiIndonesiaAja, Super Air Jet memberikan pilihan favorit, terjangkau dan nyaman bagi pebisnis, pelancong dan masyarakat yang ingin berkunjung ke IKN atau kota-kota lain di Kalimantan,” kata Direktur Utama (Chief Executive Officer) Super Air Jet, Ari Azhari, pada rilis yang dikutip Sabtu (3/2/2024).

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin, menyambut positif adanya penambahan rute penerbangan Super Air Jet di Bandara Adi Soemarmo. Erick berharap penambahan rute itu dapat memenuhi keinginan masyarakat, sehingga masyarakat lebih mudah untuk memilih rute destinasi saat melakukan perjalanan udara melalui Bandara Adi Soemarmo.

“Dengan adanya penerbangan rute Solo-Balikpapan, akan semakin memberi kemudahan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara melalui Bandara Adi Soemarmo khususnya dari dan ke Pulau Kalimantan,” kata Erick dalam rilis tersebut.

Jadwal rute tersebut direncanakan akan beroperasi setiap hari atau tujuh hari dalam sepekan. Keberangkatan dari Solo (SOC) pada Pukul 14.20 WIB dan tiba di Balikpapan pukul 17.20 Wita dengan Nomor Penerbangan UI-367. Untuk jadwal keberangkatan dari Balikpapan (BPN) pada pukul 12.45 Wita akan tiba di Solo pada pukul 13.40 WIB dengan Nomor Penerbangan IU-366.

“Semoga ke depannya Bandara Adi Soemarmo dapat terus berkolaborasi bersama maskapai penerbangan sehingga dapat terus menambah rute-rute penerbangan baru ke berbagai destinasi lainnya baik nasional maupun internasional,” lanjutnya.

Sementara itu dibukanya rute baru tersebut juga mendapat tanggapan dari pelaku wisata. Ketua Asita Solo, Mirza Ananda, mengapresiasi telah dibukanya rute tersebut. Menurutnya Balikpapan merupakan hub Kalimantan. “Semoga bisa bertahan lebih lama. Balikpapan merupakan tujuan utama untuk Kalimantan, jadi mungkin akan lebih ramai,” kata dia.

Berdasarkan pengalamannya, sejauh ini banyak wisatawan dari Kalimantan yang berkunjung ke Jawa Tengah dan Jogja. Dengan begitu menurutnya pasar Kalimantan untuk sektor pariwisata cukup menarik.

“Saya saja ada klien tahunan dari Kalimantan. Biasanya menempuh rute melalui Pangkalanbun kemudian ke Semarang, bukan Jakarta. Semoga dengan adanya rute Balikpapan-Solo ini bisa mengangkat potensi yang ada,” lanjut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya