SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pinjaman Online. (Solopos).

Solopos.com, JAKARTA – Di tengah perkembangan  fintech lending yang pesat, mungkin ada yang mencari informasi tentang bank yang ada atau menawarkan pinjaman online (pinjol) resmi.

Mengutip dari pasarmodal.ojk.go.id, Jumat (2/2/2024), perusahaan pemberi pinjaman online yang legal memiliki kriteria-kriteria sebagai berikut:

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

  • Terdaftar/berizin dari OJK
  • Pinjol legal tidak pernah menawarkan melalui saluran komunikasi pribadi
  • Pemberian pinjam akan diseleksi terlebih dahulu
  • Bunga atau biaya pinjaman transparan
  • Mempunyai layanan pengaduan
  • Mengantongi identitas pengurus dan alamat kantor yang jelas
  • Hanya mengizinkan akses kamera, mikrofon, dan lokasi pada gawai peminjam
  • Pihak penagih wajib memiliki sertifikasi penagihan yang diterbitkan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Kegiatan transaksi pinjam berbasis teknologi ini dianggap mudah dan efektif serta aman karena di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut sejumlah bank yang menawarkan semacam pinjaman online seperti dirangkum dari berbagai sumber:

BRI Ceria

Salah satu bank yang ada pinjaman online  adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI yang menawarkan produk pinjaman digital atau aplikasi digital loan.

Ceria milik BRI disebut merupakan pinjaman digital yang ditujukan bagi nasabah BRI untuk melakukan pembayaran transaksi di platform kerja sama. Ceria juga sudah terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK sehingga aman untuk mengajukan kredit.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan nasabah dapat menikmati pinjaman secara aman, cepat, dan mudah melalui Ceria.

“Nasabah dari berbagai kalangan dapat memanfaatkan Ceria ini dengan mudah dan menguntungkan. Dengan bunga rendah, nasabah bisa menikmati pembayaran di banyak platform kerja sama,” ujarnya dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Terdapat banyak kemudahan dan keuntungan bagi pengguna Ceria, yaitu berupa bunga rendah yakni 1,99% per bulan. Proses pengajuan pinjaman cepat, diklaim hanya dalam waktu 10 menit dengan limit atau plafon hingga Rp50 juta.

Selain itu, nasabah dapat membayar transaksi dengan cicilan hingga 12 bulan, bebas biaya admin, dan dapat menikmati berbagai program promo di banyak platform kerja sama Ceria.

Untuk dapat bertransaksi menggunakan Ceria, nasabah cukup dengan mudah memilih Ceria pada opsi pembayaran saat akan melakukan checkout pembelian produk pada platform kerja sama, di antaranya Dinomarket, Garuda, LinkAja, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Radatime, Realme, Myhartono, dan Panorama JTB.

Selain untuk bertransaksi di platform kerja sama, nasabah juga dapat mencairkan pinjaman Ceria ke rekening BRI. Lantas bagaimana cara mengajukan pinjaman digital melalui Ceria?

  • Nasabah dapat mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Google Play Store untuk pengguna Android.
  • Bagi yang sudah menjadi nasabah BRI dan memiliki aplikasi BRImo, maka nasabah dapat menikmati Ceria di aplikasi BRImo.
  • Untuk memiliki akun Ceria, nasabah hanya perlu daftar dengan nomor handphone dan melengkapi data dan dokumen yang diperlukan.

Pinjaman Online dari BCA

Selain BRI,  pinjol resmi dari bank juga disedikan oleh BCA. Dihimpun dari idxchannel, Rabu (9/8/2023), cara pinjam uang di salah satu bank swasta terbesar ini dapat dilakukan lewat aplikasi M Banking BCA. Nasabah disebut bisa memanfaatkan M Banking BCA untuk memperoleh pinjaman uang lebih cepat.

Agar bisa memperoleh pinjaman di M banking BCA itu, Anda harus mempunyai aplikasi M Banking BCA lebih dulu dan harus telah diregister:

  1. Buka aplikasi M Banking BCA pada ponsel
  2. Temukan menu “Info BCA”.
  3. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke web BCA.
  4. Pilih pada menu “Produk”.
  5. Tentukan pada menu “Pinjaman Individual“.
  6. Tentukan jenis pinjaman sesuai keperluan.
  7. Scroll ke bawah dan pilih di bagian “Ajukan Sekarang”.
  8. Anda akan masuk pada tampilan Form Pengajuan.
  9. Silahkan isi semua kolom sesuai data seperti nama, nomor KTP, tanggal lahir dan lain-lain.
  10. Sesudah semua data telah diisi secara benar, seterusnya tinggal contreng di bagian Captcha selanjutnya pilih tombol “Kirim”

Bila semua langkah tersebut telah dilakukan, maka Anda tinggal menanti respons dari pihak Bank BCA terkait pinjaman yang Anda ajukan. Namun kemungkinan tidak semua pengajuan akan mendapat persetujuan. Perbankan juga memiliki standar dan kriteria tersendiri untuk memilih orang yang bisa mengakses pinjaman. Itulah ulasan tentang pinjaman online resmi dari bank, namun untuk mengaksesnya pastikan juga dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

BNI Fleksi dari BNI 46

Melansir dari ajaib.co.id, pinjaman ini bukan produk baru melainkan hanya diperbaiki dengan sentuhan kemajuan teknologi. BNI Fleksi kini sepenuhnya bisa diakses hanya lewat aplikasi Mobile Banking hingga pencairannya. Kredit online bank ini juga terbatas hanya diperuntukkan bagi nasabah payroll BNI saja.

Pinjaman dari BNI 46 ini kini sepenuhnya bisa diakses hanya lewat aplikasi Mobile Banking hingga pencairannya. Kredit online bank ini juga terbatas hanya diperuntukkan bagi nasabah payroll BNI saja.

Tenor pinjamannya cukup besar, maksimal Rp500 juta dengan tenor hingga 15 tahun. Suku bunga kredit konsumtif ini mulai dari 0,92% sesuai dengan jumlah pinjaman yang diambil.

Itulah ulasan tentang sejumlah bank yang ada pinjaman online untuk mempermudah nasabah mendapatkan kredit.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya