SOLOPOS.COM - Ilustrasi inflasi. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Badan Pusat Statistik (BPS) Solo mencatat Kota Solo mengalami inflasi sebesar 2,67% year on year (yoy) atau secara tahunan pada Januari 2024. Kota Solo juga mengalami deflasi secara month to month (mom) atau bulanan sebesar 0,10%.

Hal ini mengacu dalam laman BPS Solo, surakarta.bps.go.id, inflasi secara tahunan tercatat dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,38. Inflasi yoy terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks kelompok pengeluaran, misalnya kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 7,49%; kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 1,34%; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 1,25%.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Penyumbang inflasi pada kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga berkontribusi sebesar 0,88%; kelompok kesehatan sebesar 0,58%; kelompok transportasi sebesar 1,34%. Selanjutnya, kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 3,97%; kelompok pendidikan sebesar 1,66%; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 1,48%; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 2,89%.

Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks yaitu kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 1,74%. Tingkat deflasi mtm dan tingkat deflasi year to date (ytd) Kota Solo Januari 2024 masing-masing sebesar 0,10%.

Komoditas yang dominan memberikan andil/sumbangan inflasi yoy pada Januari 2024, antara lain, beras, sigaret kretek mesin (SKM), cabai merah, bawang putih, daging ayam ras, air kemasan, dan lainnya.

Sedangkan komoditas yang memberikan andil/sumbangan deflasi yoy, antara lain, telepon seluler, cabai rawit, sabun cair/cuci piring, tissu, televisi berwarna, shampo, kopi bubuk, bahan bakar rumah tangga, buncis, melon dan brokoli.

Sementara komoditas yang memberikan andil/sumbangan deflasi mtm, antara lain, cabai rawit, cabai merah, bensin, angkutan udara, telur ayam ras, kacang panjang, buncis, pisang, sabun cair/cuci piring, labu siam/jipang, brokoli dan sawi putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya