SOLOPOS.COM - Kereta LRT Jabodebek melintas di Jakarta, beberapa waktu lalu. (Antara Foto/ Fakhri Hermansyah/foc.)

Solopos.com, JAKARTA–Bagi Anda penumpang LRT Jabodebek yang tak sengaja meninggalkan barang di rangkaian kereta tersebut maupun di stasiun tak perlu terlalu khawatir berlebihan. Pasalnya, pengelola LRT Jabodebek memastikan barang milik penumpang yang tertinggal akan diamankan oleh petugas dan dapat dikembalikan kepada pemiliknya.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono dalam keterangannya di Jakarta, Senin (29/1/2024), mengatakan petugas LRT Jabodebek secara berkala melakukan pemeriksaan pada area-area rangkaian LRT Jabodebek maupun di stasiun untuk memastikan tidak ada barang pengguna yang tertinggal.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Selain itu, petugas di rangkaian LRT Jabodebek maupun di stasiun juga mengingatkan kepada pengguna untuk menjaga barang bawaannya agar tidak tertinggal maupun berpindah tangan kepada orang lain,” jelasnya seperti dilansir Antara.

Dia menambahkan pada rangkaian dan stasiun LRT Jabodebek juga telah dilengkapi dengan kamera CCTV sehingga dapat merekam dan melakukan pemantauan komprehensif dan respons cepat terhadap setiap kejadian.

Lebih lanjut, menurut Mahendro, sejak mulai beroperasi, LRT Jabodebek telah mengidentifikasi dan mendokumentasikan sebanyak 997 kejadian pengguna yang secara tidak sengaja meninggalkan barang­-barang pribadinya baik di dalam rangkaian LRT Jabodebek maupun di stasiun.

Dibeberkan oehnya, kasus­-kasus temuan dan laporan yang tercatat mencakup berbagai macam barang seperti tas, perangkat elektronik, uang tunai serta uang elektronik, hingga aksesori pribadi.

“Bagi para pengguna yang kehilangan atau tertinggal barang di atas rangkaian LRT Jabodebek atau di stasiun, dapat melaporkan kepada petugas yang ada di rangkaian, maupun di stasiun,” tutur Mahendro.

Sementara itu, bagi pengguna yang sudah tidak berada di dalam rangkaian maupun area stasiun, dapat melaporkan melalui Contact Center KAI pada nomor telepon 121, email layanan pelanggan cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Mahendro menegaskan peran pengguna sangatlah penting dalam mencegah barang yang tertinggal meskipun LRT Jabodebek mengambil langkah proaktif untuk mengatasi masalah ini. Dia mengimbau penumpang untuk bertanggung jawab atas barang bawaannya dan tetap waspada selama perjalanan.

“LRT Jabodebek mengimbau pengguna untuk waspada terhadap barang bawaannya dan memeriksa ulang sebelum turun dari rangkaian LRT Jabodebek atau meninggalkan lokasi stasiun,” ucap Mahendro.

Adapun, LRT Jabodebek tercatat telah melayani 4.554.751 pengguna yang menunjukkan bahwa rata-rata pengguna LRT Jabodebek mencapai lebih dari 36.000 orang setiap hari, sejak diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 28 Agustus 2023.

Public Relations Manager LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono di Jakarta, Senin (8/1/2024, menerangkan jumlah pengguna tertinggi terjadi pada September 2023, yang mana LRT Jabodebek melayani sebanyak 1.506.191 pengguna. Sementara, rekor jumlah pengguna terbanyak dalam 1 hari terjadi pada 28 September 2023 dengan 88.051 pengguna.

Stasiun yang paling banyak melayani pengguna sepanjang 2023 yakni Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Harjamukti, dan Stasiun Bekasi Barat dengan total 1.809.692 pengguna yang dilayani.

“KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang menggunakan LRT Jabodebek selama tahun 2023. KAI akan menjaga kepercayaan tersebut, dengan terus memaksimalkan layanan dan melakukan peningkatan di berbagai aspek pada tahun ini,” kata Mahendro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya