SOLOPOS.COM - Warga mengunjungi Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Minggu (18/6/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO — Masjid Raya Sheikh Zayed menjadi pilihan favorit wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo. Tercatat ada 182.116 orang berkunjung ke ikon wisata religi tersebut pada dua pekan pertama April 2024.

Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Gembong Hadiwibowo, menguraikan tercatat sebanyak 221.448 orang berkunjung ke destinasi wisata di Kota Bengawan pada 1 April 2024 hingga 14 April 2024.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Dia menerangkan Masjid Sheikh Zayed Solo menjadi primadona wisatawan yang dikunjungi 182.116 orang. Disusul Solo Safari sekitar 23.080 orang, dan Pura Mangkunegaraan 6.863 wisatawan. Selain itu, Gembong menyebut Pasar Gede Solo juga menjadi jujukan wisatawan.

Menurutnya, puncak kunjungan wisatawan terjadi pada 11 April 2024 hingga 15 April 2024. “Tapi ini masih kami pantau hingga 20 Apil 2024, jadi angkanya masih bisa berubah,” terang Gembong saat dihubungi Solopos.com, Senin (15/4/2024).

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, dia menyebut terdapat penurunan jumlah wisatawan ke Kota Solo. Namun angka wisatawan belum bisa dibandingkan secara utuh karena pada 2023 lalu pihaknya memantau selama 20 hari. Untuk tahun ini, pihaknya baru memantau selama berjalan 14 hari, dan masih akan berlanjut.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melalui Disbudpar telah berkoordinasi denfgan pengelola destinasi wisata pada 26 Maret 2024 lalu. Koordinasi juga dilakukan kepada instansi terkait, seperti Polresta Solo, Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Satpol PP, Dinas Kesehatan (Dinkes), dan lainnya.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan dan menjaga kondusivitas sehingga masyarakat bisa berwisata dengan nyaman. “Dan melakukan antisipasi jika terjadi hal-hal kedaruratan,” kata dia. Di beberapa tempat wisata air, Disbudpar juga menyiapkan regu pengamanan termasuk lifeguard.

Pihaknya juga menggelar opera Bakdan Neng Sala pada 12 April 2024 di halaman Balai Kota Solo. Kemeriahan libur Lebaran juga terjadi di koridor Ngarsapura-Gatsu dengan adanya night market dan Solo is Solo. Selain itu Solo Safari juga menyelenggarakan Gebyar Syawalan.

Direktur Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Munajat, menyebut rata-rata pengunjung Masjid Sheikh Zayed pada libur Lebaran mencapai 23.000 orang per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya