SOLOPOS.COM - Ilustrasi seorang pelanggan memakai fitur baca meter mandiri Swacam PLN Mobile. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA-Kehadiran fitur baca meter mandiri Swacam di PLN Mobile sangat memudahkan pelanggan, salah satunya adalah Nanik.  Sebagai seorang pensiunan salah satu BUMN terkemuka, saat ini aktivitasnya banyak dihabiskan di rumah untuk mengurus bisnis dan merawat cucunya yang masih balita.

Tak terkecuali untuk urusan kelistrikan, Nanik mempercayakannya pada aplikasi PLN Mobile. “Jadi nenek zaman now memang harus bisa apa pun, bahkan jika ada urusan kelistrikan pun harus kita handle sendiri dengan cepat,” ungkapnya pada Sabtu (24/2/2024).

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Kesibukan membuatnya tidak sempat pergi ke mana-mana, apalagi jika harus mengantar-jemput cucunya di kala anaknya sibuk bekerja di luar kota. PLN Mobile menjadi sebuah aplikasi yang sangat membantu.

Salah satu fitur PLN Mobile yang sering ia gunakan adalah Swacam atau catat meter mandiri. Menurutnya dengan fitur ini ia dapat mengirimkan angka stand meter langsung, sehingga petugas catat meter PLN tidak perlu hadir di rumahnya untuk mencatat stand meter. Ia merasa sangat nyaman karena lingkungan rumahnya bisa lebih private karena tidak dikunjungi petugas PLN.

“Rumah kadang saya tinggalkan terkunci saat belanja atau mengantar-jemput cucu, selain itu walau pas di rumah pun kadang pagar saya kunci. Dengan fitur ini pengukuran meter menjadi lebih akurat terutama karena saya sendiri yang memfoto stand meteran di rumah setiap bulannya,” terangnya.

Ia bercerita dengan fitur Swacam di PLN Mobile ini rumahnya tidak lagi rutin bulanan dikunjungi oleh Petugas Baca Meter PLN.   Nanik memang sangat menyukai privasi di rumahnya, kadang pagar rumah ia kunci agar cucunya tidak lari keluar pagar karena banyak kendaraan yang lalu lalang.

Melalui fitur Optical Character Recognition (OCR), aplikasi PLN Mobile akan membaca angka stand meter secara otomatis. Bahkan menurut Nanik, dengan rutin menggunakan aplikasi PLN Mobile secara tidak langsung ia bisa mengatur efisiensi pemakaian listrik di rumahnya.

“Setelah dicatat, ada juga riwayat serta tren pemakaian listrik di rumah selama beberapa bulan ke belakang. Kita jadi bisa mengatur pemakaian listrik tiap bulannya agar tidak melebihi pagu keuangan yang ada, jadi lebih aware gitu dengan pemakaian listrik di rumah,” jelasnya.

Saat ini sudah lebih dari 356.000 pelanggan di Jateng dan DIY seperti Nanik yang sudah rutin menggunakan fitur Swacam PLN Mobile ini.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jateng & DIY Mochamad Soffin Hadi menyampaikan swacam menjadi sebuah langkah kemajuan bagi perusahaannya.

“Kalau dulu kan pelanggan ada yang sangsi dengan nominal rekening listrik yang muncul, biasanya akan ke Unit Layanan kami untuk klarifikasi. Nah sekarang tidak perlu jauh-jauh, cukup dari ponsel, pelanggan sudah bisa mengecek kelistrikan di rumahnya dari genggaman tangan,” tutur Soffin.

Menurut Soffin, PLN berbenah dengan aplikasi PLN Mobile yang sudah menjadi tonggak transformasi perusahaannya melalui kanal layanan yang bervariasi dan menyesuaikan perkembangan zaman.

“Hampir semua layanan kami dapat diakses melalui PLN Mobile, salah satunya fitur Swacam ini. Pelanggan bisa turut proaktif mengirimkan foto meter yang ada di rumahnya untuk pengukuran yang lebih akurat,” bebernya.



Sebagai penutup wawancara, Soffin mengajak pelanggan untuk melakukan baca meter mandiri melalui fitur Swacam di PLN Mobile setiap tanggal 23-27 setiap bulannya. Ia menambahkan jika pelanggan memiliki pertanyaan atau masalah terkait fitur Swacam atau permasalahan kelistrikan lainnya, pelanggan dapat menghubungi layanan melalui kanal layanan pelanggan resmi PLN yaitu:

– Telepon ke Contact Center (CC) PLN 123
– Live chat via aplikasi PLN Mobile (dapat diakses melalui menu “bantuan dan layanan”)
– Direct Message (DM) ke kanal media sosial pelayanan PLN yaitu Twitter/X: @pln_123, Facebook: PLN 123 dan Instagram: pln123_official.

“Coba sekarang, mudah cepat dan banyak manfaat di Swacam PLN Mobile ini,” beber Soffin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

KPK Periksa Dirut Taspen Soal Dugaan Korupsi Investasi Fiktif 2019

KPK Periksa Dirut Taspen Soal Dugaan Korupsi Investasi Fiktif 2019
author
Newswire , 
Mariyana Ricky P.D Selasa, 7 Mei 2024 - 13:04 WIB
share
SOLOPOS.COM - Logo PT Taspen (persero). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Direktur Utama PT Taspen (Persero) Antonius Nicholas Stephanus Kosasih dalam penyidikan perkara dugaan korupsi bermodus investasi fiktif di perusahaan yang dipimpinnya itu tahun anggaran 2019.

“Yang bersangkutan sudah hadir sekitar pukul 11.00 WIB dan sedang diperiksa sebagai saksi,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (7/5/2024), dilansir Antara.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Ali belum mengungkapkan materi apa saja yang akan digali penyidik dalam pemeriksaan tersebut Kosasih.

Ia menerangkan pemeriksaan terhadap Kosasih dilakukan terkait jabatannya sebagai Direktur Investasi PT Taspen tahun 2019-2020 dan jabatannya sebagai Direktur Utama PT Taspen tahun 2020 hingga sekarang.

Koran Solopos

Sebelumnya, KPK pada 29 April 2024 mengungkapkan tim penyidiknya telah memeriksa Senior Vice President (VP) Investasi Pasar Modal dan Pasar Uang PT Taspen Labuan Nababan diperiksa soal pengelolaan dana investasi di PT Taspen senilai Rp1 triliun.

“Senior Vice President Investasi Pasar Modal dan Pasar Uang PT Taspen (Persero) periode 1 Maret 2021 – sekarang Lubuan Nababan, saksi hadir dan dikonfirmasi, antara lain terkait penempatan dan pengelolaan investasi dana Taspen sebesar kurang lebih Rp1 triliun.” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (29/4/2024).

Mengenai perkara tersebut, KPK juga telah memeriksa Kepala Divisi Pasar Modal dan Pasar Uang PT Taspen 2016-2019 Patar Sitanggang sebagai saksi terkait perkara yang sama.

Emagazine Solopos

Pemeriksaan terhadap Patar dijadwalkan berlangsung pada 19 April 2024, namun pihak KPK juga belum mengumumkan soal hasil pemeriksaan terhadap yang bersangkutan.

Komisi Pemberantasan Korupsi pada 8 Maret 2024 mengumumkan telah memulai penyidikan kasus dugaan korupsi bermodus investasi fiktif di PT Taspen (Persero).

“Benar, dengan ditindaklanjutinya laporan masyarakat kaitan dugaan korupsi yang menjadi wewenang KPK, saat ini sedang dilakukan pengumpulan alat bukti terkait penyidikan dugaan korupsi dalam kegiatan investasi fiktif yang ada di PT Taspen (Persero) tahun anggaran 2019,” kata Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2024).

Interaktif Solopos

Ali mengatakan perkara dugaan korupsi tersebut juga diduga melibatkan beberapa perusahaan lain dan diperkirakan telah menimbulkan kerugian keuangan negara hingga ratusan miliar rupiah.

Juru bicara berlatar belakang jaksa itu juga mengungkapkan tim penyidik KPK telah menetapkan sejumlah pihak sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Namun, sesuai dengan kebijakan lembaga antirasuah, para pihak yang ditetapkan sebagai tersangka beserta uraian lengkap perkara akan disampaikan saat dilakukan penahanan terhadap para tersangka.



“Konstruksi kasus yang menjerat para pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, termasuk siapa saja yang menjadi tersangka belum dapat umumkan pada publik hingga kami anggap seluruh tahapan pengumpulan alat bukti ini cukup,” ujarnya.

Meski demikian, KPK menyampaikan pihaknya telah memberlakukan cegah keluar negeri terhadap dua orang yang terdiri dari satu orang penyelenggara negara dan satu pihak swasta.

Dalam proses penyidikan tersebut, kata Ali, KPK telah melakukan penggeledahan di tujuh lokasi, antara lain lima lokasi yang digeledah pada Kamis (7/3/2024), meliputi dua rumah di Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, satu rumah di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, satu rumah di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, dan satu unit apartemen di Belleza Apartemen, Jakarta Selatan.

Dalam penggeledahan tersebut ditemukan berikut diamankan bukti, di antaranya berupa dokumen ataupun catatan investasi keuangan, alat elektronik dan sejumlah uang dalam pecahan mata uang asing yang diduga nantinya dapat menerangkan dugaan perbuatan dari para tersangka.

Sedangkan dua lokasi lainnya digeledah pada Jumat (26/4/2024), yakni kantor pihak swasta yang berada di Office 8 Building SCBD, Jakarta Selatan dan Kantor PT Taspen (Persero), Jakarta Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Jelang Iduladha, Peternak Kulonprogo Dapat Sosialisasi Penyakit Hewan

Jelang Iduladha, Peternak Kulonprogo Dapat Sosialisasi Penyakit Hewan
author
Newswire , 
Mariyana Ricky P.D Selasa, 7 Mei 2024 - 12:51 WIB
share
SOLOPOS.COM - Petugas kesehatan hewan menyuntikkan vaksin antraks ke sapi milik warga di Gedangsari, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Kamis (4/4/2024). (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Solopos.com, KULONPROGO — Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengintensifkan sosialisasi penyakit hewan menular strategis kepada masyarakat peternak untuk mengantisipasi penularan pada manusia.

Fungsional di Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo Muhammad Arfiansyah Listyawan di Kulonprogo, Selasa (7/5/2024), mengatakan sosialisasi Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) merupakan kegiatan rutin.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk berkomunikasi kepada masyarakat, memberikan informasi mengenai PHMS, dan mengedukasi penanganan seperti apa yang perlu dilakukan ketika menemukan gejala PHMS tersebut supaya tidak menular pada manusia,” kata Arfiansyah, dilansir Antara.

Ia mengatakan selain antraks, ada lima hewan yang cukup berbahaya, salah satunya adalah Leptospirosis.

Koran Solopos

Dari tahun ke tahun, kasus leptospirosis belum juga punah dari Kabupaten Kulonprogo. Kasus ini meningkat cukup tajam ketika musim penghujan.

Pada 2023 yang lalu, jumlah kasus selama bulan Januari-Maret saja lebih dari 60 kasus dengan tingkat kematian setidaknya ada 10 kasus.

Seperti diketahui bahwa bakteri leptospira ditularkan oleh tikus melalui air kencingnya. Air kencing ini akan bercampur ke sumber air terdekat seperti selokan, sungai, kolam, dan sawah.

Emagazine Solopos

Apabila ada masyarakat kontak dengan sumber air yang terkontaminasi air kencing tikus ini, ada risiko masyarakat tersebut akan terinfeksi leptospirosis.

Terutama ketika masyarakat tersebut memiliki luka terbuka, sehingga bakteri akan dengan mudahnya masuk ke dalam tubuh.

Leptospirosis dalam hubungannya dengan penyakit hewan, dapat menular ke hewan ternak seperti sapi, kambing, dan domba.

Interaktif Solopos

Hal ini disebabkan karena hewan ternak tersebut minum air dari sumber air yang tercemar dan makan rumput atau hijauan yang kontak dengan sumber air tercemar.

Kasus leptospirosis pada manusia justru akan menimbulkan gejala sakit yang berat. Manusia akan menunjukkan gejala demam tinggi, nyeri pada paha, hingga menunjukkan gejala kekuningan pada mata bahkan kulit. Apabila tidak ditangani segera, dapat menimbulkan kematian.

“Kami imbau kepada masyarakat Kabupaten Kulon Progo, apabila menunjukkan gejala demam tinggi dan memiliki riwayat kontak dengan sumber air, segera diperiksakan ke Puskesmas terdekat. Banyak kasus kematian disebabkan karena penderita leptospirosis baru dibawa ke puskesmas ketika sudah parah,” katanya.



Petugas Puskeswan Nanggulan Murco Adi mengatakan Puskeswan Nanggulan melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan hewan di Kapanewon Nanggulan. “Petugas akan memantau kesehatan hewan milik peternak,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Dimediasi Qatar dan Mesir, Hamas Setujui Gencatan Senjata di Jalur Gaza

Dimediasi Qatar dan Mesir, Hamas Setujui Gencatan Senjata di Jalur Gaza
author
Newswire , 
Mariyana Ricky P.D Selasa, 7 Mei 2024 - 12:30 WIB
share
SOLOPOS.COM - Sejumlah seniman dan relawan melakukan aksi teatrikal di Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2024). (Antara/Raisan Al Farisi)

Solopos.com, YERUSALEM — Kelompok perlawanan Palestina Hamas pada Senin (6/5/2024) menyatakan setuju terhadap usulan gencatan senjata di Jalur Gaza yang diusulkan mediator Qatar dan Mesir.

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh menyatakan persetujuan tersebut kepada Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani dan kepala intelijen Mesir Abbas Kamel yang dihubunginya lewat saluran telepon, demikian pernyataan Hamas.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Dilansir Antara, persetujuan tersebut disampaikan menyusul tindakan militer Israel yang menginstruksikan warga Palestina di Kota Rafah untuk segera mengungsi dari bagian timur kota tersebut.

Hal tersebut dianggap merupakan ancang-ancang Israel, yang sejak awal mengancam akan menyerang Rafah, sebelum benar-benar melancarkan serangan darat ke kota itu.

Koran Solopos

Padahal, sekitar 1,5 juta warga Palestina saat ini berada di kota Rafah untuk menyelamatkan diri dari agresi Israel.

Media Mesir Al-Qahera News, menurut sebuah sumber, melaporkan bahwa delegasi Hamas akan tiba kembali di Kairo pada Selasa untuk melanjutkan negosiasi gencatan senjata.

Delegasi Hamas itu meninggalkan Kairo pada Minggu (5/5/2024) seusai pembicaraan gencatan senjata selama dua hari untuk berkonsultasi dengan pimpinan mereka.

Emagazine Solopos

Sementara itu, seorang pejabat Israel yang terlibat dalam pembicaraan gencatan senjata tersebut mengatakan, Tel Aviv telah menerima respons Hamas atas usulan gencatan senjata dan akan mempelajarinya terlebih dulu, sebagaimana dilaporkan media Israel KAN.

Serangan Israel yang berlangsung sejak 7 Oktober 2023 tersebut menyebabkan lebih dari 34.700 warga Palestina di Jalur Gaza, yang sebagian besar adalah wanita dan anak-anak, tewas.

Menurut PBB, agresi militer Israel itu telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terusir dari tempat tinggalnya, 60 persen infrastruktur di Gaza rusak dan hancur, serta menyebabkan kelangkaan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah.

Interaktif Solopos

Mahkamah Internasional (ICJ) mengeluarkan putusan awal pada 26 Januari yang menyatakan dugaan adanya tindakan genosida yang dilakukan Israel di Jalur Gaza “beralasan”.

Selain itu, putusan ICJ juga memerintahkan Israel untuk berhenti melakukan genosida dan mengupayakan perbaikan kondisi kemanusiaan di Gaza.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories