SOLOPOS.COM - Bandara Adi Soemarmo bersiap untuk kembali meramaikan traffic penerbangan nusantara. Untuk itu, Bandara Adi Soemarmo, akan menambah waktu operasional bandara mulai Rabu (25/10/2023). (Istimewa).

Solopos.com, SOLO – Posko Angkutan Udara Periode Lebaran 2024/1445 H, mulai disiapkan Bandara Adi Soemarmo, Rabu (3/4/2024). Posko akan disiapkan selama 16 hari ke depan.
Guna menyambut Idulfitri 2024/1445 H, mulai Rabu (3/4/2024) hingga 18 April 2024, Bandara Adi Soemarmo menyiapkan Posko Angkutan Udara Periode Lebaran. Posko Lebaran tersebut melibatkan 166 personel yang terdiri dari jajaran personel di lingkungan Bandara Adi Soemarmo serta personel TNI dan Polri.

Posko Angkutan Udara Periode Lebaran 2024/1445 H dibuka dengan apel yang dihadiri oleh pimpinan dan perwakilan stakeholder bandara.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin, menyampaikan Posko Lebaran tersebut digelar untuk memastikan penyelenggaraan angkutan udara selama momentum libur Lebaran berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. Penyelenggaraan angkutan udara juga dipastikan sesuai dengan prinsip 3S+1C (Safety, Security, Seriveces and Compliance) khususnya dalam menghadapi peningkatan jumlah traffic penumpang, pesawat dan kargo angkutan udara pada periode Lebaran tahun 2024/1445 H.

Pihak Bandara Adi Soemarmo juga memastikan bahwa seluruh fasilitas bandara dalam kondisi prima untuk mewujudkan pelayanan angkutan Lebaran yang aman dan nyaman. Erick optimistis traffic penumpang, pesawat dan kargo di Bandara Adi Soemarmo tahun 2024 ini akan mengalami peningkatan.

“Prediksi pergerakan jumlah penumpang jika dibandingkan dengan periode Lebaran tahun 2023 diperkirakan mengalami peningkatan sekitar 4% dengan total penumpang 82.768 penumpang. Sementara untuk pergerakan pesawat, kenaikan diperkirakan sekitar 2% dengan total 576 penerbangan. Untuk pergerakan kargo, kenaikan diperkirakan sekitar 127% dengan total 228.320 kg kargo,” jelas dia dalam rilis, Rabu.

Meski untuk prediksi peningkatan tersebut tidak signifikan, pihak maskapai juga akan menambah jumlah penerbangannya dalam mengantisipasi lonjakan penumpang pada periode Lebaran tahun ini. Maskapai yang telah mengajukan extra flight yaitu dari Citilink, Batik Air, dan Super Air Jet.

Rute yang mengalami penambahan penerbangan yakni Jakarta (Bandara Soekarno Hatta), Jakarta (Bandara Halim Perdana Kusuma), dan Balikpapan (Bandara Sepinggan). Jumlah penerbangan di Bandara Adi Soemarmo yang saat ini rata-rata sebanyak 23 penerbangan dalam sehari. Dengan adanya penambahan penerbangan tersebut diharapkan menjadi 26 hingga 28 penerbangan dalam sehari.

Erick memprediksi puncak kepadatan penumpang akan terjadi pada 6 April 2024. Sedangkan prediksi puncak arus balik terjadi pada 15 April 2024.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya