SOLOPOS.COM - Warga memilih produk saat berbelanja keperluan Lebaran pada pekan ke-tiga Ramadan di Solo Square, Minggu, (31/3/2024). Memasuki pekan ke-tiga bulan Ramadan sejumlah pusat perbelanjaan di Solo mulai ramai dikunjungi warga yang membeli keperluan untuk merayakan Idul Fitri 1445 Hijriyah. Diperkirakan jumlah kunjungan akan terus meningkat hingga menjelang Lebraran. (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO –  Warga mulai membanjiri sejumlah mal di Kota Solo menjelang Lebaran 2024. Manajemen mal menyiapkan sejumlah skema kantong parkir untuk mengantisipasi membeludaknya pengunjung.

Public Relation Solo Grand Mall, Irenika Kusumaningrum, menjelaskan kenaikan pengunjung mal secara bertahap sejak dua pekan menuju Lebaran. Dia menyebut traffic pengunjung bahkan meningkat hingga dua kali lipat, dan terutama di area foodcourt mulai ramai sejak siang hari.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Irenika menguraikan rata-rata pengunjung saat weekday di Solo Grand Mall berkisar 12.000 orang sehari. Untuk akhir pekan, pengunjung mal bahkan bisa mencapai 19.000 orang hingga 20.000 orang.

“Mungkin efek dari cuti dan THR [Tunjangan Hari Raya] juga. Untuk diskon fashion Lebaran sampai dengan 70%, diskon berbagai paket makanan buka puasa dan takjil,” terang Irenika saat dihubungi Solopos.com, pada Selasa (2/4/2024).

Pihaknya juga menyediakan berbagai event ngabuburit pada momen Ramadan, salah satunya berdama komunitas motor vespa dan mobil Timor untuk nongkrong bersama di rooftop mal.

Irenika juga menghadirkan penampilan komunitas hadrah setiap akhir pekan di panggung ketika menuju berbuka yang berasal dari Sukoharjo.

“Sama untuk acara internal dari manajemen ada CSR [corporate social responsibility] berbuka bersama di Solo Grand Mall bersama pesantren yatim,” kata dia.

Untuk mengantisipasi membeludaknya pengunjung, pihaknya menyiapkan skema untuk kantong parkir. Pihaknya menambah tambahan petugas parkir ketika mendekati Lebaran di area parkir hingga lantai IV untuk kendaraan mobil Kapasitas kantong parkir di Solo Grand Mall sebanyak 520 unit mobil dan 1.600 unit sepeda motor.

“Untuk motor biasanya masih melebar ke parkiran di luar Solo Grand Mall karena full,” ujarnya.

Public Relation The Park Mall Solo, Christina Tri Mawarti, menjelaskan pengunjung di The Park Mall Solo meningkat hingga 70%. Bahkan pihaknya optimistis pengunjung bisa naik lebih dari 100% mendekati Lebaran.

“Untuk Ramadan pengunjung ada kenaikan menjelang buka puasa dan kalau di kondisi weekend kenaikan traffic didominasi sama pembelian fashion lebaran, hampers dan kebutuhan Lebaran,” kata dia.

Pihaknya juga menyediakan promo yang variatif, misalnya program shop and win di mana pelanggan yang bertransaksi berkesempatan memenangkan undian mobil.

“Kalau dari beberapa tenant ada promo diskon, gift with purchase dan bundling program. Agenda saat Lebaran kami ada culinary festival, bazar Hushpuppies dan menjelang Lebaran kita ada Jackckoth,” ujarnya.

Untuk lokasi parkir, pihaknya memastikan akan melakukan pengecekan di seluruh peralatan agar berfungsi normal pada Lebaran. Christina juga menambah petugas dan penambahan untuk area parkir indoor maupun outdoor.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya