SOLOPOS.COM - Pemudik berdatangan di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, pada Sabtu (6/4/2024) malam. (Istimewa/ Terminal Tirtonadi)

Solopos.com, SOLO — Ribuan pemudik berdatangan di Terminal Tirtonadi Solo, pada Sabtu (6/4/2024) malam. Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada besok, Senin (8/4/2024).

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Bandiyono, menerima 65 bus yang mengangkut 2.800 pemudik dari program mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Selain itu, hingga Sabtu malam, pihaknya mencatat ada 2.112 bus dengan total 23.558 orang yang masuk ke Terminal Tirtonadi.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Terjadi lonjakan dibandingkan tahun lalu sekitar 1% terhadap bus, dan 9% terhadap jumlah penumpang,” terang Bandiyono dalam keterangan resmi melalui pesan Whatsapp.

Bandiyono menyebut sirkulasi penumpang Tirtonadi Solo berjalan dengan lancar. Pihaknya memang menerapkan skema khusus untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Ada dua selter dan enam jalur penurunan penumpang untuk menjaga kelancaran sirkulasi.

Hingga kini, kondisi Terimal Tirtonadi relatif aman. Pihaknya mengaku belum mendapatkan laporan kehilangan ataupun ketinggalan barang milik pemudik. Pihaknya juga bekerja sama dengan sepuluh personel Polresta Solo untuk membantu memastikan keamanan pada momen arus mudik.

Terminal Tirtonadi Solo juga menyiapkan dua tempat istirahat bagi para pemudik. Karena, sambung Bandiyono, banyak pemudik yang datang saat malam hari. Dia mengimbau pemudik agar bisa melanjutkan perjalanan di hari berikutnya dengan memanfaatkan fasilitas tempat istirahat yang telah disediakan.

Dalam kesempatan yang sama, Bandiyono memprediksi puncak arus mudik di Terminal Tirtonadi terjadi pada 8 April 2024. Dia juga memprediksi ada kenaikan 10% pemudik dibandingkan tahun lalu. Tercatat ada 27.000 pemudik di tahun lalu dan diperkirakan akan meningkat menjadi 29.000 orang dengan total 4.000 bus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya