SOLOPOS.COM - Ilustrasi perumahan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — REI Soloraya menyebutkan di era saat ini semakin banyak kemudahan untuk masyarakat dalam memiliki rumah sendiri. Mulai dari masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) hingga masyarakat kalangan menengah ke atas ada kemudahan yang ditawarkan.

Perwakilan REI Soloraya, Maharani, menyampaikan untuk saat ini REI telah menyiapkan rumah untuk berbagai segmen.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Harga rumah mulai sederhana, menengah sampai atas, kami persiapkan semuanya,” kata dia dalam talkshow online dengan tema Panduan Properti 2024, yang disiarkan di Youtube Espos Live, Selasa (5/3/2024).

Dia mengatakan untuk masing-masing segmen juga terdapat program yang bisa dimanfaatkan. Misalnya untuk pembelian rumah dengan harga di bawah Rp2 miliar, ada program bebas PPN dari pemerintah. Sedangkan untuk segmen MBR, dengan gaji UMR atau maksimal Rp4 juta, juga ada berbagai program menarik. Di antaranya pajak BPHTB khusus MBR 0%. Masih ada bantuan Rp4 juta untuk uang muka.

“Jadi uang mukanya dikasih bantuan Rp4 juta. Lalu ada bantuan lagi Rp4 juta, saat akad ke bank kan harus menyiapkan uang cash, untuk biaya perbankan administrasi dan angsuran pertama. Itu sudah disiapkan pemerintah untuk MBR,” lanjut dia.

Selanjutnya untuk kalangan karyawan baik swasta atau BUMN bisa menggunakan program yang ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan. Misalkan menginginkan rumah dengan harga Rp500 juta, dapat mengakses fasilitas tersebut.

Sedangkan untuk para ASN bisa mendapatkan kemudahan untuk memiliki rumah program dari PT Taspen Properti Indonesia (Taspro). Kemudian untuk TNI dan Polri bisa mengakses layanan yang ada di Asabri.

Terkait dengan pasar property di Soloraya, dia mengatakan jika saat ini sudah ada segmen masing-masing yang dapat dipilih sesuai kemampuan dan kebutuhan masyarakat. Selain rumah subsidi yang diperuntukkan bagi MBR, segmen menengah saat ini juga sedang banyak diminati. Terutama untuk harga Rp300juta-Rp700 juta.

“Apalagi dua lantai, harga Rp600 juta, itu cukup menarik. Atau tipe 40 tapi model minimalis atau Scandinavian, itu juga banyak diminati para pembeli rumah baru,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya