SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengecat tembok (Freepik)

Solopos.com, SOLO— Cat sebenarnya telah tersedia di pasaran sesuai keperuntukannya masing-masing. Ada cat interior, cat eksterior, ada juga cat untuk menahan air atau waterproof. Namun belakangan, muncul tren penggunaan cat waterproof untuk eksterior.

Biasanya cat waterproof memiliki pilihan warna yang sangat terbatas, misalnya yang sering ditemui yakni berwarna abu-abu. Namun seiring perkembangan teknologi dan selera konsumen, cat tersebut kini telah diproduksi dengan pilihan warna lebih bervariasi.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Direktur PT Citra Warna Abadi, Rudy Zulkarnain, mengatakan jika saat ini telah terjadi perkembangan dalam pengaplikasian cat waterproofing.

“Sekarang saya melihat cukup banyak pengguna yang menggunakan cat water proofing ini sebagai cat eksterior. Pertimbangan mungkin karena cat ini bisa menahan air dan sekarang ini dengan teknologi semakin maju, cat-cat waterproofing sudah memiliki warna lebih bervariasi,” kata dia dalam talkshow online dengan tema Panduan Properti 2024, yang disiarkan di Youtube Espos Live, Selasa (5/3/2024).

Para narasumber dalam talkshow online dengan tema Panduan Properti 2024, yang disiarkan di Youtube Espos Live, Selasa (5/3/2024).(Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Para narasumber dalam talkshow online dengan tema Panduan Properti 2024, yang disiarkan di Youtube Espos Live, Selasa (5/3/2024).(Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Melihat tren tersebut, kalangan pabrikan cat termasuk PT Citra Warna Abadi, juga sudah mengeluarkan produk cat water proofing dengan pilihan warna beragam yang bisa untuk memenuhi selera konsumen.

“Jadi sudah seperti cat tembok pada umumnya meskipun variasi warnanya tidak sebanyak cat tembok. Mungkin bisa lebih dari 50 warna,” kata dia.

Jika melihat dari sisi penggunaan, sebenarnya akan lebih tepat jika penggunaan cat tersebut dilakukan sesuai dengan jenisnya. Misalnya cat water proofing yang memang dibuat untuk menahan kebocoran. Begitu juga untuk cat eksterior dan interior.

“Kalau dibandingkan, antara cat water proofing dan cat interior, dalam hal untuk menahan kebocoran, tentu cat waterproofing yang lebih tahan. Namun secara ketahanan warna, cat eksterior lebih tahan, tidak mudah pudar,” lanjut dia.

Dijelaskan jika ketahanan warna cat eksterior bisa tahan hingga 8 tahun. Sedangkan untuk cat water proofing mungkin hanya tahan 2-3 tahun. Hal itu pun memiliki kekurangan dan kelebihan. Bagi orang yang cepat bosan, ketahanan warna yang hanya 2-3 tidak menjadi masalah. Sebab pemilik rumah bisa mengecatnya lagi dengan warna yang berbeda.

Sementara itu terkait tren warna rumah di 2024 menurutnya masih didominasi dengan warna-warna pastel dan warna alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya