SOLOPOS.COM - Petugas PLN sedang memeriksa keandalan jaringan listrik di lokasi Pabrik Jagung milik Pemprov Sumbar di di Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA-PT PLN (Persero) menyuplai listrik sebesar 555 kilo Volt Ampere (kVA) untuk pabrik jagung milik Pemerintah Provinsi Sumatra Barat di Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Pasokan daya ini mampu meningkatkan produktivitas pabrik hingga mencapai 50 ton per hari.

Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang Provinsi Sumatra Barat Richardo mengungkapkan pihaknya mengapresiasi PLN yang dengan sigap memenuhi kebutuhan listrik untuk pabrik pengolahan jagung di Kinali. Pasokan listrik yang andal ia anggap krusial karena pabrik ini menggunakan mesin skala besar.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Dari survei awal hingga penyambungan listrik, kami sangat terbantu oleh PLN. Pelayanannya pun cepat, sangat memuaskan. Saya percaya PLN dapat mengawal setiap keandalan terkait suplai kelistrikan,” ungkap Richardo pada Rabu (6/3/2024).

Dia menambahkan, pabrik jagung milik Pemprov Sumatra Barat yang dibangun pada 2023 lalu tersebut berperan penting memajukan industri di Kinali yang merupakan sentra produksi jagung di Sumbar.

Dengan suplai listrik PLN, pabrik jagung milik Pemprov Sumatra Barat tersebut kini mampu berproduksi hingga 50 ton per hari.

“Dengan mesin yang berkualitas, hasil yang didapat akan lebih banyak dan lebih baik. Kami ingin petani jagung di Provinsi Sumatera Barat lebih sejahtera dengan hadirnya pabrik ini,” lanjut Richardo.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan pihaknya berkomitmen memasok listrik yang andal dan terjangkau untuk mendorong modernisasi sektor pertanian di Tanah Air. Hal ini tercakup dalam program Electrifying Agriculture (EA) yang salah satu bentuknya adalah menyuplai listrik untuk pabrik jagung Pemprov Sumbar.

“Melalui program ini kami berharap produktivitas para petani kita dapat meningkat, maju, dan modern,” ujar Darmawan.

Darmawan menambahkan, program EA merupakan salah satu inovasi PLN yang juga bertujuan untuk menekan biaya operasional di sektor pertanian yang selama ini berbasis pada energi fosil yang mahal. Sehingga, produktivitas bisa meningkat dan di saat yang sama tetap ramah lingkungan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho menambahkan PLN siap mengawal pertumbuhan bisnis dan industri di Sumbar dengan pelayanan cepat dan ketersediaan listrik yang andal. Hal tersebut terlihat dari kesuksesan pabrik jagung Pemprov Sumbar yang mampu memaksimalkan kapasitas produksinya.

Selain itu, Eric juga mengajak para pelaku bisnis dan industri lain untuk tidak ragu menggunakan listrik PLN. Karena, infrastruktur kelistrikan PLN di Sumbar sudah sangat mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Ketersediaan daya listrik di Sumatra Barat cukup dan andal dalam mendukung bisnis dan industri. Sangat disayangkan jika masih ada yang menggunakan pembangkit mandiri berbahan bakar solar. Saya mengajak para pemilik pabrik dapat mengikuti langkah pabrik jagung Kinali yang terbukti sukses meningkatkan hasil produksinya,” beber Eric.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya