SOLOPOS.COM - Aktivitas para penumpang di Stasiun Solo Balapan, Minggu (14/4/2024). (Istimewa/KAI)

Solopos.com, SOLO–Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta mencatat adanya lonjakan kedatangan di stasiun wilayah setempat pada Minggu (14/4/2024). Tercatat ada 30.305 pelanggan dalam sehari yang merupakan jumlah kedatangan tertinggi selama masa angkutan Lebaran 2024.

Wilayah Daops 6 meliputi Kulon Progo, Bantul, dan Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Jawa Tengah meliputi Purworejo, Klaten, Solo, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen. Daops 6 Yogyakarta mempunyai beberapa stasiun besar yakni Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Solo Jebres.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Manager Humas Daops 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, menyebut jumlah penumpang yang turun lebih tinggi dari dari jumlah keberangkatan.

Hal tersebut dimungkinkan karena Kota Yogyakarta, Kota Solo, dan sekitarnya merupakan daerah tujuan wisata. Oleh sebab itu, setelah Lebaran seperti ini memang biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur bersama keluarga.

“Untuk jumlah kedatangan sendiri pada hari Minggu di luar dugaan terjadi lonjakan yang signifikan di mana jumlah kedatangan pelanggan berada di angka 30.305 pelanggan,” kata dia melalui siaran pers, Senin (15/4/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Krisbiyantoro menjelaskan jumlah pelanggan kereta api jarak jauh yang naik atau berangkat dari stasiun Daops 6 Yogyakarta mencapai 28.186 orang pada Minggu (14/4/2024). Angka itu merupakan jumlah keberangkatan tertinggi pada masa Angkutan Lebaran 2024 yakni 31 Maret hingga 21 April 2024.

Puncak Arus Balik Lebaran

Pihaknya mengaku telah memprediksi puncak arus balik Lebaran 2024 akan terjadi pada Minggu. Adapun jumlah keberangkatan tertinggi ada di Stasiun Yogyakarta yang memberangkatkan 11.106 pelanggan, disusul Stasiun Solo Balapan yang memberangkatkan 5.461 pelanggan, Stasiun Lempuyangan yang memberangkatkan 3.882 pelanggan, dan Stasiun Klaten yang memberangkatkan 3.163 pelanggan.

Lebih lanjut Krisbiyantoro menilai jumlah keberangkatan pada hari ini diperkirakan masih tinggi berada di kisaran 23.000 pelanggan. Bagi masyarakat yang ingin bepergian di masa arus balik Lebaran 2024, pihaknya menyebut tiket beberapa kereta api masih cukup tersedia di tanggal dan relasi tertentu.

Beberapa kereta api tersebut di antaranya seperti Argo Lawu Luxury, Argo Dwipangga, Argo Dwipangga Luxury, Taksaka Luxury, Lodaya, Sancaka, Manahan, Taksaka Tambahan, Lodaya Tambahan, Manahan Tambahan, dan Manahan Tambahan Luxury.

Dia mengimbau calon pelanggan dapat mengecek ketersediaan tiket KA secara berkala melalui Aplikasi Access by KAI. Calon pelanggan juga diharapkan dapat merencanakan perjalanannya dengan baik agar tidak kehabisan tiket kereta, terlebih saat ini permintaan terhadap transportasi kereta api cukup tinggi.

Kereta api merupakan moda transportasi yang memiliki jalan tersendiri sehingga perjalanannya bebas dari kemacetan yang pada arus balik ini cukup tinggi. Selain itu, moda transportasi ini juga memiliki petugas khusus untuk mengecek dan memantau jalur kereta api agar selalu andal digunakan.

Tidak hanya jalur atau prasarana, di sisi sarana atau kereta, bangunan dan fasilitas stasiun, serta kemananan di seluruh wilayah bisnis memiliki teknisi atau petugasnya masing-masing. Oleh sebab itu, Krisbiyantoro mengimbau masyarakat tidak perlu ragu untuk menggunakan kereta sebagai transportasi di masa arus balik ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya