SOLOPOS.COM - Tangkapan layar laman www.prakerja.go.id.

Solopos.com, JAKARTA––Pemerintah siap membuka pendaftaran gelombang pertama pelatihan Prakerja 2024. Pembuatan akun Prakerja untuk periode 2024 bisa dilakukan melalui situs www.prakerja.go.id.

Menurut Head Komunikasi PMO Kartu Prakerja Lydia Kusnadi, program Prakerja 2024 akan dilanjutkan dengan skema normal. Program pelatihan ini akan memberikan besaran beasiswa kepada peserta sebesar Rp4,2 juta per individu.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Melalui siaran pers, Jumat (5/1/2024), dia memerinci jumlah bantuan beasiswa kartu Prakerja itu terbagi atas biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif dana pascapelatihan Rp600.000 yang diberikan sebanyak satu kali, serta insentif survei sebesar Rp100.000 untuk dua kali pengisian survei.

“Meskipun saat ini Gelombang 63 belum dibuka, ada baiknya masyarakat mulai membuat akun Prakerja dari sekarang, sehingga nanti ketika pembukaan gelombang 63 dimulai, peserta tinggal menekan tombol ‘Gabung Gelombang’ pada dashboard akun Prakerja masing-masing,” kata Lydia Kusnadi.

Lidya menambahkan pembukaan akun di prakerja.go.id terbuka untuk umum tanpa memandang latar belakang pekerjaan. Mahasiswa pun dapat membuat akun.

Sebab, terdapat program lain di Prakerja yang bisa diikuti oleh masyarakat luas baik bagi yang sedang menempuh pendidikan formal maupun pejabat negara, aparatur sipil dan lainnya, seperti Indonesia Skills Week (ISW), atau program Talenta.ai kolaborasi dengan Microsoft.

“Syarat utama untuk ISW dan Talenta.ai ini hanya memiliki akun Prakerja. Inilah yang membuat pembuatan akun Prakerja ini penting,” kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah memastikan program kartu Prakerja masih ada di 2024 dan ditargetkan 1 juta orang akan menerima manfaat. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan program yang mulai sejak 2020 tersebut masih akan belanjut pada 2024.

“Tentu[Prakerja akan dilanjutkan]. Ini adalah program yang dibutuhkan untuk menyesuaikan antara pendidikan dan lapangan kerja. Retraining dan reskilling. Tahun 2024 sudah dianggarkan, jadi tentunya nanti kami akan lihat kelanjutan dari Prakerja,” ujarnya, dikutip Senin (18/12/2023).

Seiring kuatnya keinginan pemerintah melanjutkan program Prakerja pada 2024, Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mengimbau masyarakat yang belum memiliki akun Prakerja untuk segera membuatnya secara mandiri melalui website www.prakerja.go.id.

Berikut cara membuat akun Prakerja:

1. Buka situs www.prakerja.go.id

2. Pilih menu ‘Daftar’ jika belum memiliki akun

3. Daftarkan dan isi data diri, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), foto KTP, nomor HP aktif, dan informasi pribadi lainnya untuk diverifikasi

4. Jika sudah memiliki akun, pilih ‘Masuk’ menggunakan email dan password

5. Selanjutnya, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar

6. Jika gelombang pendaftaran telah dibuka, klik ‘Gabung Gelombang’.

Beberapa syarat tambahan untuk dapat menerima beasiswa pelatihan melalui program reguler pembukaan gelombang Prakerja:

1. WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal

3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil

4. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD

5. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Gelombang Prakerja Perdana pada 2024 Siap Dibuka, Simak Cara dan Syaratnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya