SOLOPOS.COM - Sejumlah bus siap melayani penumpang di Terminal Tirtonadi Solo, pada Kamis (23/5/2024). (Istimewa/Terminal Tirtonadi)

Solopos.com, SOLO — Momen libur Waisak yang dimulai pada Kamis (23/5/2024) mendongkrak kenaikan jumlah penumpang di Terminal Tirtonadi Solo.

Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono menjelaskan libur Waisak kali ini jatuh pada Kamis dan menjelang long weekend. Hal ini memicu kenaikan sirkulasi penumpang di Terminal Tirtonadi Solo.

Promosi Tingkatkan Konektivitas Data Center, Telin dan SingTel Kembangkan SKKL

Dia menyebut pada long weekend kali ini tercatat ada kenaikan penumpang. Dari rata-rata kedatangan di angka 6.000 per hari. Pada Rabu (22/5/2024)), terjadi kenaikan hingga mencapai 7.104 orang dalam sehari.

“Untuk long weekend ini memang ada kenaikan, dari rata-rata kedatangan di angka 6.000 penumpang, tercatat hingga Rabu (22/5/2024) kemarin, terjadi kenaikan hingga 7.104 penumpang. Sedangkan untuk keberangkatan pada hari yang sama mencapai 6.022 penumpang. Cukup ada kenaikan,” terang Bandiyono dalam rilis pada Kamis (23/5/2024).

Walaupun ada kenaikan, Bandiyono menilai jumlah tersebut tidak cukup tinggi dibandingkan dengan long weekend Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus pada Kamis (9/5/2024) lalu. Pada long weekend sebelumnya, tercatat kedatangan penumpang di Terminal Tirtonadi 8.115 orang, dan keberangkatan diangka 8.428 orang.

“Kalau dibandingkan long weekend yang lalu, jumlahnya lebih tinggi yang lalu. Yang menyentuh angka 8.000-an penumpang,” ungkap Bandiyono.

Lebih lanjut Bandiyono meguraikan saat ini Terminal Tirtonadi Solo juga menjadi lokasi parkir bagi bus pariwisata pengantar jemaah calon haji, yang akan menuju Masjid Syeikh Zayed. Meski begitu hal ini tidak terlalu menyumbang kenaikan jumlah penumpang yang signifikan.

“Kalau untuk pengantar jemaah calon haji memang cukup banyak yang masuk ke Tirtonadi, tetapi angkanya juga tidak terlalu signifikan. Tercatat paling tinggi di hari Jumat-Minggu, dengan jumlah armada 17-20 bus,” kata dia.

Terminal Tipe A Tirtonadi menyiapkan ruang parkir bagi bus pengantar jamaah haji yang akan melanjutkan berwisata ke Kota Solo. Hal ini dilakukan lantaran biasanya rombongan pengantar calon jamaah haji rata-rata melanjutkan perjalanan sekalian berwisata di Kota Solo, seusai mengantar ke Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, pada musim haji 2023 terjadi lonjakan jumlah bus yang masuk ke Terminal Tirtonadi, terutama saat pengantaran jamaah Haji, maupun saat penjemputan jemaah Haji. Biasanya pengantar calon jemaah haji berkunjung ke Masjid Sheikh Zayed.

Terminal Tirtonadi Solo, sambung dia, mampu menampung hingga 60 bus dalam sehari. Bus tersebut akan diparkirkan di sisi timur selter penurunan penumpang.

Pihaknya menyiapkan 50-60 satuan ruang parkir, bagi pengunjung Masjid Syeikh Zayeed. Sebagai catatan juga, parkir di dalam Terminal Tirtonadi tidak dipungut biaya, alias gratis.

Di sisi lain, Pengurus Bus EKA Cepat, Arifin, menyebut memang ada kenaikan jumlah penumpang hingga 20%. Sementara itu, pengurus Agramas Terminal Tirtonadi Solo, Mujiyanto mengatakan untuk PO Agramas sendiri mengalami kenaikan pada long weekend kali ini. Dia mengatakan untuk PO Agramas tidak mengalami kenaikan harga, meskipun banyak permintaan tiket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya