SOLOPOS.COM - Para penumpang siap naik Commuter Line atau KRL Solo-Jogja. Foto diambil belum lama ini. (Solopos.com/Anik Sulistyawati)

Solopos.com, SOLO — Momentum libur panjang akhir pekan Hari Raya Waisak, 100.000 – 130.000 penumpang diprediksi akan menggunakan Commuter Line Yogyakarta. Sebagai antisipasi, KAI Commuter akan mengoptimalkan 30 perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur mulai Kamis (23/5/2024) hingga Minggu (26/5/2024).

Pada momentum tersebut, KAI Commuter kembali mengoperasikan enam perjalanan tambahan Commuter Line Yogyakarta-Palur. Dengan begitu total perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur sebanyak 30 perjalanan per harinya, atau lebih banyak dibandingkan perjalanan pada hari kerja yang mencapai 24 perjalanan.

Promosi NeutraDC da KBRI Singapura Gelar Diskusi Panel Kebijakan Pelindungan Data

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan penambahan perjalanan tersebut sebagai upaya mengantisipasi kenaikan pengguna Commuter Line Yogyakarta. Sebab, pada hari libur dipastikan akan lebih ramai dibandingkan hari biasanya.

“KAI Commuter memprediksi adanya 100.000– 130.000 pengguna yang akan menggunakan Commuter Line Yogyakarta. Volume terbanyak yakni pada awal libur, Kamis [23/5/2024] dan akhir libur panjang pada Minggu [26/5/2024],” kata dia dalam rilis, Rabu (22/5/2024).

Diketahui, pada libur panjang peringatan Kenaikan Yesus Kristus lalu, tercatat sebanyak 113.126 penumpang, dengan volume tertinggi sebanyak 33.489 orang.

KAI Commuter mengoperasikan 15 perjalanan dari Stasiun Palur menuju Stasiun Yogyakarta mulai pukul 04.55 WIB hingga pukul 20.53 WIB. Kemudian ada 15 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Palur mulai pukul 05.30 WIB hingga pukul 22.35 WIB. Sedangkan Commuter Line Prameks tetap beroperasi sebanyak 8 perjalanan tiap harinya mulai pukul 05.25 WIB – 17.50 WIB.

Disebutkan, sepanjang Mei 2024, terpantau di Stasiun Yogyakarta, rata-rata pengguna sebanyak 8.500 – 9.500 orang per hari. Dengan begitu Stasiun Yogyakarta menjadi stasiun dengan volume pengguna terbanyak pada hari libur.

Untuk menghindari kepadatan di stasiun ini, KAI Commuter mengimbau pengguna bisa naik dari stasiun lainnya seperti Stasiun Lempuyangan. Sebab di stasiun tersebut biasanya rata-rata volume pengguna sebanyak 2.500 – 3.000 orang pada hari libur.

Dengan penambahan perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur, KAI Commuter berharap dapat memberikan kenyamanan terhadap pengguna yang akan berwisata menggunakan Commuter Line. Untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Bank (Flazz, Emoney, Tap Cash, Brizzi) atau QR Code. Sementara untuk pembelian tiket Commuter Line Prameks dapat dipesan melalui Access By KAI ataupun dengan menggunakan KMT dan Kartu Bank sesuai dengan kuota yang tersedia.

“Selama perjalanan dengan KA Lokal atau Commuter Line, KAI Commuter mengimbau pengguna tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak-anak, menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan, dan mengikuti arahan petugas,” lanjut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya