SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi. (YouTube/Sekretariat Presiden).

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui penetapan hari jadi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) pada 10 Juni sebagai peringatan Hari Kewirausahaan Nasional.

“Sudah saya tanda tangani Hari Kewirausahaan Nasional dalam bentuk Keppres sesuai yang diajukan dan diminta dari pendiri HIPMI dari Ketum Hipmi,” kata Presiden saat berpidato dalam HUT ke-52 Hipmi di Jakarta, Senin (10/6/2024) seperti dilansir Antaranews.

Promosi Telkomsel IndiHome dan Cooltura Gelar Festival Musik dan Budaya di 6 Kota

Presiden mengatakan keputusan itu diambil sebagai kado ulang tahun Hipmi tahun ini.

Dikatakan Jokowi, usulan Hari Kewirausahaan Nasional diajukan kali pertama oleh pimpinan HIPMI saat berkunjung ke Istana Kepresidenan Jakarta beberapa bulan lalu.

Bagi Kepala Negara, hari jadi Hipmi yang Ke-52 ini adalah hari yang sangat istimewa, karena ditandai hadirnya presiden terpilih Prabowo Subianto periode 2024-2029.

“Nanti di ulang tahun ke-53, yang hadir sudah Bapak Presiden Prabowo Subianto,” katanya.

Meski sudah berganti Kepala Negara, Jokowi memastikan seluruh program yang nanti akan bergulir sifatnya berkelanjutan.

“Namun meskipun presiden sudah ganti, saya kira semua dari kita tidak usah khawatir, karena program-program yang ada adalah program keberlanjutan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi Akbar Himawan Buchari dalam keterangan diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan setelah dibentuk 10 Juni 1972, Hipmi berhasil membentuk generasi wirausaha muda yang berperan penting dalam perekonomian nasional.

“Hipmi tidak hanya mencetak pengusaha muda, tetapi juga melahirkan pemimpin di tingkat nasional dan daerah. Ini bukti bahwa Hipmi berhasil mewujudkan visi dan misinya,” ujarnya.

Pada usianya yang lebih dari setengah abad, kata Akbar, Hipmi telah menunjukkan kematangannya sebagai sebuah organisasi maupun kader yang telah dilahirkan. Sehingga, Akbar menyebut, perayaan ini akan dijadikan momentum untuk meningkatkan peran Hipmi dalam mendukung pembangunan nasional.

Ia juga mengatakan, HUT ke-52 Hipmi juga akan dijadikan momentum untuk mengapresiasi Presiden Jokowi. Sebab, Jokowi sangat konsen terhadap dunia usaha. Terbukti dari peningkatan jumlah pengusaha selama periode kepemimpinannya.

“Peran Pak Jokowi sangat signifikan. Sejak beliau dilantik hingga di akhir kepemimpinan, puluhan juta pengusaha baru telah lahir dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional,” ujar Akbar, Jumat (7/6/2024) seperti dilansir Antaranews.

Selain itu, ia Akbar berharap dengan Presiden mencanangkan Hari Kewirausahaan Nasional jatuh pada tanggal 10 Juni, semakin banyak masyarakat yang termotivasi menjadi pengusaha.

Lebih lanjut Akbar mengatakan semakin banyak pengusaha, tentu lapangan pekerjaan akan semakin banyak. Hal ini tentu sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

“Dengan bonus demografi, dan ekosistem yang telah terbentuk, saya yakin Indonesia akan menjadi tuan di negeri sendiri,” ujar Akbar lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya