SOLOPOS.COM - Ilustrasi keuangan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Keungan selalu menjadi permasalahan para perantau yang tinggal di indekos atau sering disebut sebagai anak kos. Biasanya, sebagian anak kos bingung cara mengatur keuangan sehingga tak terasa biaya hidupnya boros.

Anak yang memilih untuk tinggal di indekos dituntut untuk dapat mengatur keuangannya sendiri agar kebutuhan sehari-harinya tetap tercukupi. Memang, terdapat berbagai tantangan untuk berhemat.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Mulai dari teman yang mengajak nongkrong, kafe-kafe lucu baru di kota kamu, atau hanya untuk membeli barang-barang gemas yang sebenarnya tidak terlalu berguna. Hal ini justru membuat boros dan keuangan semakin membengkak

Anak kos harus pintar dalam mengatur keuangan. Terlebih bila jauh dari rumah dan masih berstatus sebagai mahasiswa. Hal ini dilakukan agar keuangan cukup hingga akhir bulan. Sebenarnya ini cukup sulit bagi mereka yang belum terbiasa menghemat pengeluaran dan melakukan segala sesuatu sendiri.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan anak kos untuk mengatur keuangan:

  1. Mengatur Uang Harian

Kamu bisa mulai mengatur berapa uang yang boleh kamu keluarkan per harinya. Mulai dari mencatat apa saja pengeluaran dalam sehari, dan jadikanlah nominal tersebut sebagai patokan jumlah yang bisa kamu keluarkan dalam sehari. Kurangi kebutuhan-kebutuhan yang tidak diperlukan.

  1. Menabung

Sisihkanlah uang kiriman dari orang tua untuk keperluan mendesak. Sehingga bila kamu memiliki kebutuhan yang tidak terduga, kamu sudah memiliki dana darurat sebelumnya.

  1. Memasak

Gunakan waktu senggangmu untuk belajar memasak. Manfaatkanlah penanak nasi yang kamu punya. Selain bisa mengontrol apa saja nutrisi yang kamu makan, kamu juga bisa menjaga keuanganmu.

  1. Kurangi Kegiatan yang Tidak Penting

Saat kamu memiliki waktu senggang, sebaiknya hindari pergi ke tempat perbelanjaan, seperti mall atau ke tempat-tempat yang membuat kamu berkeinginan untuk mengeluarkan uang. Ini menjadi salah satu usahamu dalam berhemat. Dengan begitu, kamu tidak akan mengeluarkan untuk hal-hal yang tidak berguna.

  1. Cari Beasiswa

Sebagai anak kos yang berstatus sebagai mahasiswa, kamu bisa mencari beasiswa yang dapat membantu pengeluaran pendidikanmu. Kini ada banyak beasiswa yang bisa kamu ikuti, misalnya seperti Karya Salemba Empat (KSE), Djarum Beasiswa Plus, Beasiswa Bank Indonesia, dan masih banyak lagi.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur pengeluaran kamu sebagai anak kos. Semua itu tergantung dengan skala prioritas yang kamu keluarkan. Prioritaskan keperluan-keperluan yang memang kamu butuhkan, dan hindari mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya