SOLOPOS.COM - Ilustrasi liburan bersama anak. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Tak lama lagi, musim libur semester genap untuk kalangan pelajar tiba. Tak ada salahnya untuk menyusun rencana liburan bersama keluarga. Meski tujuannya adalah untuk bersenang-senang, namun liburan tetap harus direncanakan dengan yang matang agar tetap hemat.

Ada beberapa tips yang dapat dijalankan untuk merencanakan liburan secara smart agar tetap hemat dalam mengatur pengeluaran. Mengutip dari https://sikapiuangmu.ojk.go.id, setidaknya ada delapan hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan liburan.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

1. Persiapkan dana liburan

Hal ini perlu dilakukan agar cash flow anda tidak terganggu. “Ada baiknya persiapkan dana untuk travelling jauh-jauh hari sebelum waktu rencana keberangkatanmu, terutama bagi kamu yang memang memiliki hobi tavelling,” bunyi keterangan dalam artikel yang diunggah di website tersebut.

Setelah mempersiapkan anggarannya, upayakan agar pengeluaran tidak lebih dari anggaran yang telah disiapkan sejak awal. Untuk mempersiapkan anggaran tersebut tidak ada salahnya untuk menabung tiga bulan atau enam bulan sebelumnya. Jangan sampai melakukan liburan secara mendadak dengan berbekal pendapatan bulanan.

“Berangkat liburan secara mendadak dengan memanfaatkan pendapatan kamu sebulan, hanya akan membuat kamu tekor alias akhir bulan hanya makan mie instan! Dan jangan gunakan cicilan kartu kredit untuk membiayai liburanmu, pokoknya jangan!” bunyi keterangan artikel tersebut.

2. Hindari musim liburan

Pada musim liburan atau high season, biasanya harga barang dan jasa akan naik di hampir semua tempat wisata. Untuk itu, ada baiknya jadwalkan liburan di luar musim liburan. Selain dapat menikmati tempat liburan dengan lebih nyaman karena lokasi cenderung lebih sepi pengunjung, harga yang ditawarkan biasanya juga lebih murah.

3. Pesan tiket tranportasi dan penginapan lebih awal

Tips selanjutnya adalah mengenai pemesanan tiket transportasi dan penginapan agar dilakukan lebih awal. Selain itu hindari melakukan pemesanan dalam waktu dekat, apalagi membeli tiket di tempat atau go-show. Sebab ada kemungkinan besar harga yang ditawarkan lebih mahal.

Tidak ada salahnya mencari informasi promo-promo menarik. Atau bisa juga memilih paket liburan menarik yang ditawarkan oleh pihak travel agent. Paket tersebut biasanya sudah termasuk tiket pesawat, penginapan dan konsumsi.

4. Siapkan kebutuhan pokok sebelum keberangkatan

Jangan lupa membawa kebutuhan pokok seperti obat-obatan, peralatan mandi, makanan ringan, dan kebutuhan yang sekiranya akan diperlukan selama berwisata. Tujuannya tidak lain untuk menghemat oengeluaran di tempat tujuan wisata.

5. Manfaatkan Free Wifi

Jaringan wifi gratis akan membantu menghemat biaya pengeluaran anda. Jika berencana berlibur ke luar negeri, bisa mencari informasi dulu mengenai provider/sewa portable wi-fi yang berkualitas namun harganya tetap terjangkau.

6. Tentukan Destinasi Sebelum Berangkat

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah agar memilih daftar tempat yang ingin dikunjungi. Lakukan survei tempat menarik melalui beberapa review yang ada di beberapa situs internet atau mobile apps yang tersedia. Memilih tujuan secara mendadak bisa jadi hanya akan membuang sia-sia waktu liburan.

“Sebaiknya hindari pula memilih terlalu banyak tujuan, karena selain menghabiskan banyak energi, mengunjungi terlalu banyak tempat juga memakan lebih banyak biaya,” lanjut keterangan di artikel tersebut.

Banyak tujuan wisata juga akan menjadikan kita kelelahan dan menghabiskan banyak energi. Jangan sampai justru kita sakit di tengah liburan karena kelelahan. Selain membuat liburan jadi tidak nyaman, juga akan memakan lebih banyak anggaran karena harus berobat dan sebagainya.

7. Gunakan uang dengan bijak

Saat liburan, sering kali lapar mata saat mengunjungi pusat perbelanjaan. Jangan sampai tergoda membeli barang tanpa memikirkan manfaatnya ke depan hanya karena ada diskon atau lainnya.

8. Miliki asuransi perjalanan

Tips terakhir yang disampaikan adalah mengenai persiapan asuransi perjalanan. Meski harus membayar ekstra, asuransi perjalanan dinilai sangat penting untuk memberikan perlindungan selama berwisata. Disebutkan bahwa asuransi perjalanan tidak hanya menanggung kecelakaan atau meninggal, namun delay pesawat pun dapat ditanggung. Kemudian ketika bagasi atau barang hilang juga akan diganti bila dirasa perlu. Bahkan ada asuransi yang menanggung kegiatan penuh tantangan seperti naik gunung, rafting, sky-diving.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya