SOLOPOS.COM - Suasana acara #FlexingLokal bersama Google Indonesia dan Youtube di Lokananta Solo, pada Sabtu (12/8/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SOLO Dalam rangka mendukung pertumbuhan ekosistem ekonomi kreatif bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Google Indonesia mengucurkan bantuan senilai Rp2 miliar kepada pelaku UMKM bertepatan dengan Hari UMKM Nasional 2023.

Hal tersebut diungkapkan oleh Director of Government Affairs & Public Policy di Google Indonesia, Putri Alam, dalam acara #FlexingLokal bersama Google Indonesia dan Youtube di Lokananta Solo, pada Sabtu (12/8/2023).

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Putri menjelaskan Google Indonesia dan Youtube bersama pemerintah telah menyusun langkah kolaboratif guna mendukung akselerasi digital bagi seluruh UMKM di Indonesia.

“Kami senang sekali bisa turut mendukung melalui produk program tools-tools kolaborasi dengan pemerintah dan dengan berbagai organisasi,” terang Putri.

Dengan kolaborasi tersebut diharapkan mampu menghadirkan kekayaan ekonomi kreatif di Indonesia. Sehingga bisa tetap lestari dan mampu menginspirasi serta mendukung terciptanya generasi baru pasar sektor ekonomi kreatif. Selain itu, tumbuhnya kreator konten di media digital ikut membantu tumbuhnya UMKM lokal.

Menurut Putri banyak kreator konten yang menggunakan platform Youtube untuk menjadi wadah tumbuhnya usaha di Indonesia. Ia juga memguraikan estimasi ekosistem kreatif pada Youtube berkontribusi sebesar Rp7,5 trilian pada Gross Domestic Product (GDP) pada 2021.

Putri menjelaskan pihaknya juga telah menyediakan training digital kepada lebih dari 2 juta pelaku UMKM sejak 2017.  “Bantuan lebih dari Rp2 miliar ini bekerjasama dengan Smesco dalam program UMKM naik kelas bersama Google dan YouTube,” tambah Putri

Putri berharap dukungan tersebut mampu ditangkap dan bermanfaat bagi pelaku UMKM dan industri kreatif, sehingga mampu menciptakan peluang dan terus bertumbuh dan maju di era digital.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo dalam kesempatan itu menjelaskan berbagai program yang telah dilakukan pemerintah untuk mendorong UMKM lebih berkembang utamanya sektor hilirisasi industri digital dan ekonomi kreatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya