SOLOPOS.COM - Solo Paragon Hotel & Residences. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo yang juga sebagai Surakarta, telah menjadi destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah bahkan Indonesia dengan daya tariknya yang kaya akan warisan budaya.

Kota ini menawarkan sejumlah destinasi bagi para wisatawan. Untuk perjalanan yang tak terlupakan, berikut beberapa destinasi terbaik yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Sola:

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

1. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran adalah salah satu peninggalan bersejarah yang memukau, menggabungkan arsitektur Jawa yang indah dengan kebudayaan Jawa yang kaya. Pura Mangkunegaran merupakan Istana resmi Kadipaten Mangkunegaran yang dibangun pada 1757 oleh Mangkunegara I.

Pura Mangkunegaran menjadi salah satu objek wisata budaya dan wisata sejarah di Kota Solo. Pengunjung dapat menikmati kemegahan dan keindahan Istana Mangkunegaran serta mengunjungi Museum yang menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah.

Sebagai pusat kegiatan kesenian, setiap hari Rabu dilaksanakan latihan Tari Gaya Mangkunegaran, sedangkan setiap hari Sabtu dilaksanakan latihan karawitan. Beralamat di Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Banjarsari, Solo.

2. Stadion Manahan Solo

Stadion Manahan Solo adalah tempat yang sempurna bagi para pencinta olahraga. Dengan fasilitas modern dan kapasitas besar, Stadion ini sering menjadi tuan rumah berbagai acara olahraga dan konser musik.

Stadion yang beralamat di Jl. Adisucipto No.1, Manahan, Banjarsari, Solo dan berkapasitas 20.000 penonton ini juga merupakan markas dari klub Persis Solo. Stadion Manahan Solo juga menyediakan Shelter Manahan yang menyajikan kuliner khas Kota Solo.

3. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton Surakarta adalah Istana resmi Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang terletak di Jl. Kamandungan, Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo. Keraton ini didirikan oleh Sri Susuhunan Pakubuwana II sekitar tahun 1743-1744.

4. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman yang berada di Jl. Trisula III No.1, Kauman, Pasar Kliwon, Solo adalah surga bagi pencinta batik. Pengunjung dapat melihat proses pembuatan batik tradisional dan bahkan mencoba membuat batik sendiri. Selain itu, pengunjung dapat berbelanja batik berkualitas tinggi sebagai kenang-kenangan yang unik.

5. Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah surga bagi para penggemar belanja. Dengan berbagai macam barang-barang, mulai dari kain batik hingga kerajinan tangan, pasar ini menawarkan pengalaman belanja yang seru.

Pasar ini kali pertama dibangun pada 1942. Pembangunan terus dilakukan sebagai upaya revitalisasi pasar. Pada tanggal 9 Juni 1970 dibangun pasar bertingkat permanen untuk menampung para pedagang, yang kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto pada waktu itu.

Pasar ini berlokasi Jl. Dr. Rajiman No.50, Gajahan, Ps. Kliwon, Solo atau tepat di sebelah Alun-alun Utara Keraton Kasunanan.

6. Solo Safari

Solo Safari adalah tempat yang cocok untuk bersantai sambil menikmati alam dan berinteraksi dengan satwa-satwa eksotis.

Solo Safari sebelumnya dikenal sebagai Taman Satwa Taru Jurug Surakarta adalah salah satu objek wisata di Kota Solo yang dibangun pada 1878. Solo Safari menawarkan lokasi yang indah untuk beristirahat.

Di dalamnya, terdapat berbagai spesies hewan dan tumbuhan. Dengan konsep wisata alam, jalan-jalan yang ada di dalam taman dikelilingi pohon-pohon besar dan rindang. Di dalam lokasi taman, kita akan sering menjumpai kawanan monyet dan berbagai jenis spesies burung. Solo Safari berlokasi di bagian timur Kota Solo, di dekat perbatasan dengan Karanganyar.

Taman wisata yang berada di Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Solo ini, menggantikan Taman Satwa Taru Jurug Surakarta (TSTJ) yang memiliki luas 13,9 hektare.

Setiap destinasi wisata tersebut dekat dengan tempat pemberhentian untuk peristirahatan yaitu Solo Paragon Hotel & Residences.

Hotel berbintang empat di Kota Solo yang memiliki akses dan terhubung dengan mal terbesar di Solo. Hotel ini berada di Jl. Dr. Sutomo, Mangkubumen, Banjarsari, Solo.

Para wisatawan dapat menikmati perjalanan menarik dengan mengunjungi destinasi wisata Kota Solo sembari beristirahat di Solo Paragon Hotel & Residences.

“Solo Paragon Hotel & Residences sangat dekat dengan destinasi Kota Solo, karena berada di lokasi strategis, beberapa destinasi wisata diatas dapat ditempuh maksimal 15 menit menggunakan mobil. Serta Solo Paragon Hotel & Residences juga dekat dengan Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, dan Terminal Tirtonadi,”ujar Marketing Communication Solo Paragon Hotel & Residences, Mahadewi Lourdes dalam keterangan tertulis, Kamis (21/9/2023).

“Nikmati kemewahan dan kenyamanan sejati di Solo Paragon Hotel & Residences, di mana setiap menginap adalah pengalaman yang tak terlupakan. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp di +62 271 7655888, atau melalui Email di info@soloparagonhotel.com,”imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya