SOLOPOS.COM - Taman Pracima atau Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran Solo. Foto diambil Selasa (6/12/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO – Pura Mangkunegaran Kota Solo menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan mancanegara atau turis asing.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Gembong Hadi Wibowo, menguraikan target wisatawan nusantara pada 2023 ini sebanyak 1.427.477 orang sementara wisatawan mancanegara sebanyak 4.945 orang.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Ia menguraikan pada semester I ada peningkatan kunjungan wisatawan daripada tahun sebelumnya. “Menurut pengamatan kami, dipengaruhi oleh kegaiatan Night Market Ngarsapura dan Solo is Solo di Koridor Gatsu yang sekarang dua hari, Jumat dan Sabtu. Ditambah kunjungan Masjid Raya Sheikh Zayed yang masih cukup banyak,” terang Gembong saat dihubungi Solopos.com, pada Senin (4/9/2023).

Menurutnya, antara destinasi tersebut mempunyai keterkaitan. “Karena ada hal-hal baru yang ada di Solo sehingga mengunjungi hal baru tersebut tidak bisa hanya sehari,” tambah dia.

Gembong menjelaskan wisatawan yang datang ke Kota Solo dan sekitarnya sudah bisa mengatur ke mana saja tempat yang mau dikunjungi. Mereka mendapatkan referensi tempat wisata dari kemudahan akses informasi tentang Solo dan sekitarnya.

Di sisi lain, dalam publikasi BPS Solo berjudul Indikator Ekonomi Kota Surakarta 2022 yang dilansir dari laman surakartakota.bps.go.id, dari berbagai objek wisata di Kota Solo yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara adalah Pura Mangkunegaran.

Ada 1.999 wisatawan mancanegara dan 40.168 wisatawan nusantara yang berkunjung ke Pura Mangkunegaran pada 2022. Selain itu, wisatawan mancanegara juga sering singgah di Museum Batik Danarhadi, Museum Radya Pustaka, Museum Keris, dan Museum Lokananta.

Hal ini dapat dipahami karena tempat-tempat tersebut merupakan cagar budaya sebagai saksi bisu sejarah yang masih ada. Berbeda dengan wisatawan nusantara yang mayoritas senang mengunjungi daerah rekreasi daripada peninggalan sejarah.

Wisatawan nusantara sering mengunjungi Taman Balekambang dan Taman Satwataru. Pada 2022 tercatat 451.702 wisatawan nusantara yang berkunjung ke Taman Balekambang dan 357.123 wisatawan nusantara yang berkunjung ke Taman Satwataru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya