SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerimaan barang oleh kurir. (freepik).

Solopos.com, SOLO — Tren transaksi jual beli online selama momentum Ramadan menjelang Lebaran biasanya naik drastis.

Di kalangan kurir, momen Ramadan menjelang Lebaran juga menjadi masa-masa sibuk. Bisa dikatakan jumlah pengiriman paket akan meningkat setidaknya dua kali lipat.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Seorang kurir di Soloraya, Muhammad Ansor, mengatakan jika pada hari-hari biasa dirinya hanya mengirim 70-80 paket dalam sehari, kalau menjelang Lebaran seperti saat ini bisa lebih dari 200 paket dalam sehari.

“Untuk pagi saja bisa bawa 180-200 paket. Nanti sore ambil lagi bisa antara 100-120. Tapi sekarang saya bagi biasanya dengan teman [sesama kurir], sebab kalau sendiri tidak mampu,” kata kurir freelance dari Shoope tersebut.

Dalam sehari, saat Ramadan seperti ini dia mematok maksimal mengirimkan 250 paket. Itupun jam kerjanya sudah melebihi jam kerja pada hari-hari biasa. Biasanya kalau menjelang Lebaran, dia akan pulang atau selesai mengirim paket setelah lebih dari pukul 20.00 WIB. Sedangkan pada hari-hari biasa, dia sudah bisa pulang sekitar pukul 18.30 WIB.

Menurutnya, peningkatan jumlah pengiriman paket mulai dirasakan pada pertengahan Ramadan atau sekitar 27 Maret kemarin. Sebelum tanggal tersebut jumlah pengiriman masih normal, seperti hari-hari biasa. Mengenai jenis produk yang dikirim, beragam. Namun menjelang Lebaran akan banyak produk-produk seperti jajanan, kue, atau pakaian.

Kenaikan jual beli online juga dikonfirmasi salah satu platform ecommerce, Shoope yang pada momentum Ramadan tahun ini juga mengalami peningkatan jumlah transaksi.

Pada rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (3/4/2024), disebutkan jika dalam memeriahkan momen Ramadan tahun ini, Shopee menggelar puncak kampanye Big Ramadan Sale 2024 yang baru saja digelar. Pada tanggal 25 Maret dan 1 April lalu, berbagai keseruan dihadirkan untuk memberikan pengalaman belanja online yang lebih menyenangkan dan menguntungkan.
Program tersebut mendapat sambutan positif dari masyarakat pengguna.

Pengguna semakin antusias dalam memanfaatkan fitur interaktif melalui Shopee Live di waktu sahur. Hal itu terlihat dari transaksi melalui Shopee Live di waktu sahur yang meningkat hingga 44 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan waktu yang sama di hari biasa. Hal itu disampaikan Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna.

Barang-barang yang identik dengan momen Ramadan menjadi produk yang banyak dicari oleh pengguna pada fitur interaktif. Produk yang menjadi favorit pengguna di antaranya ada sarung, cepol hijab, biskuit kaleng, dan makeup cushion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya