SOLOPOS.COM - Ilustrasi menambah ruang tanpa renovasi (Freepik)

Solopos.com, SOLO— Bagi sebagian orang yang ingin merenovasi rumahnya, mungkin masih dihadapkan beberapa persoalan yang membingungkan, misalnya mengenai desain yang ideal, atau efektivitas dalam proses renovasi dan lainnya. Sementara jika ingin menggunakan jasa konsultan, khawatir dengan tambahan biaya yang akan lebih banyak.

CEO Sobatbangun.com, M. Taufiq Hidayat, mengatakan masalah renovasi rumah sebenarnya sangat tergantung dengan selera masing-masing pemilik rumah, terutama jika menyangkut desain, warna dan sebagainya. Namun karena kegiatan renovasi tersebut membutuhkan hal yang teknis, ada baiknya jika dalam prosesnya memiliki pendamping. Caranya bisa mencari orang yang bisa diajak diskusi, bahkan mungkin bisa memberikan saran untuk hal-hal yang sifatnya teknis, misalnya terkait desain, arsitektur, struktur, dan sebagainya.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Di Indonesia masih canggung atau jarang yang mau langsung menghubungi arsitek atau konsultan. Hal ini biasanya terkait dengan tambahan biaya. Padahal hal-hal seperti itu justru menjadi faktor krusial, harus ada ahlinya. Di sini SIG sebagai produsen semen memiliki inisiatif melalui sobatbangun,com untuk mengatasi gap itu. Kalau orang yang canggung menghubungi arsitek, bisa menghubungi www.sobatbangun.com,” kata dia dalam talkshow online dengan tema Panduan Properti 2024, yang disiarkan di Youtube Espos Live, Selasa (5/3/2024).

Menurutnya hal tersebut menjadi penting, sebab rumah yang akan direnovasi harus bisa menjadi rumah yang senyaman mungkin. Misalnya dari sisi sirkulasi udara atau pencahayaan, kalau tidak dikerjakan orang yang benar-benar mengerti, kemungkinan besar jadinya akan tidak sesuai harapan. Jika hal itu disadari ketika renovasi sudah selesai, akan menjadi persoalan baru.

“Kalau bangunan sudah jadi, harus bongkar lagi. Ini menjadikan rugi biaya, waktu, tenaga dan sebagainya. SIG mencoba menemukan solusinya. Jika butuh hal-hal seperti itu bisa menghubungi sobatbangun.com,” kata dia.

Dikatakan bahwa layanan yang bisa didapatkan di sobatbangun.com bukan hanya renovasi atau bangun rumah. Perbaikan kecil pun bisa dilayani di sobatbangun.com, seperti dinding rumah turun karena salah fondasi.

Taufiq mengatakan sobatbangun.com berupaya untuk memberikan layanan one stop solution. Bukan hanya mendesain, namun juga menyediakan ekosistem, mulai tukang, mandor, kontraktor, arsitek, hingga penyedia smart home. Termasuk juga penyedia teknologi seperti surya panel, jika ada yang menginginkan penggunaan energi matahari untuk menekan biaya Listrik di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya