SOLOPOS.COM - Ilustrasi hotel. (Freepik)

Solopos.com, SOLO— Untuk mendorong peningkatan jumlah tamu yang menginap, kalangan hotel di Solo dan sekitarnya terus melakukan terobosan. Salah satunya dengan memberikan pengalaman berharga untuk para tamu yang menginap.

Founder & CEO Azana Hotels & Resorts, Dicky Sumarsono, mengatakan salah satu hal yang harus diperhatikan pengelola hotel adalah mengenai customer experience. Menurutnya saat ini mau tidak mau, siap tidak siap, suka tidak suka, hotel harus memberikan guest experience yang benar-benar tidak terlupakan yang terus membekas di hati dan pikiran tamu.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Dengan begitu harapannya para tamu akan terkesan dan menjadikan hotel tersebut sebagai pilihan utamanya ketika nantinya datang lagi ke daerah yang sama.

Untuk itu saat ini Azana Hotels & Resorts dengan hotel yang tersebar di seluruh Indonesia, telah menerapkan program customer experience. Program tersebut mewajibkan seluruh general manager dan timnya untuk memberikan produk, layanan dan program kepada semua tamunya.

“Jadi mulai dari tamu check in hingga check out, agar mereka [tamu] merasa sangat nyaman dan mendapatkan pengalaman berbeda yang tidak mereka dapatkan di hotel lain,” kata dia, Kamis (1/2/2024).

Dia menyampaikan, saat ini semua Azana Hotel mulai menempatkan pelanggan sebagai pusat perhatian utama, kemudian menyesuaikan semua kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Bahkan menurutnya, dalam program tersebut, masing-masing hotel akan menempatkan PIC (person in charge) atau MOD (manager on duty) yang bertugas memastikan bahwa kegiatan pemberian guest experience tersebut berjalan dengan baik.

Di sisi lain, Lorin Group Solo, juga terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik dan berbeda untuk para tamunya. Salah satunya dengan melengkapi fasilitas-fasilitas yang bisa memberikan pengalaman berbeda untuk para tamunya.

General Manager Lorin Solo Hotel, D’wangsa Solo Hotel, dan Syariah Hotel Solo, Heri Haryosa, mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan desain untuk menyiapkan mini waterpark di dalam hotel.

“Tahun ini baru kami desain, kami akan bikin mini waterpark, di ujung gedung D’wangsa Solo Hotel [kompleks Lorin Solo Hotel]. Dimana di sana ada kamar moderat dua lantai. Harapan kami kamar itu bisa untuk para keluarga atau anak-anak, sekolah-sekolah, yang bisa tinggal di situ, kemudian di depannya nanti ada fasilitas [waterpark], sehingga mereka bisa renang,” kata dia, Selasa (30/1/2024).

Fasilitas baru yang tengah dalam proses desain tersebut, diharapkan bisa terealisasi di tahun ini. Nantinya fasilitas tersebut hanya dikhususkan untuk tamu hotel.

Selain itu Lorin Solo Hotel yang merupakan hotel resort juga memberikan fasilitas yang berbeda. Dimana selain menginap, para tamu juga bisa menikmati sarana yang ada seperti jogging track, fasilitas renang dan olahraga lainnya. Bahkan untuk para tamu di Syariah Hotel yang berada di kawasan tersebut, juga bisa menikmati fasilitas kolam renang di Lorin Solo Hotel.

“Jadi untuk Syariah Hotel memang tidak ada kolam renang di dalamnya. Namun para tamu diperkenankan menggunakan kolam renang yang ada di Lorin. Jadi bisa dibilang hotel bintang 3 [Syariah Hotel], namun bisa menggunakan fasilitas bintang 5 [Lorin Solo] kami secara gratis, meski untuk kolam renang terebut bersifat umum,” kata dia.

Sebelumnya, manajemen Harris-Pop! Hotels and Convention Solo juga menyampaikan tengah mempersiapkan terobosan baru untuk pelanggannya. Dimana nantinya tamu Pop! Hotels bisa memanfaatkan fasilitas Harris Hotel.

General Manager Harris-Pop! Hotels and Convention Solo, Erwin James R. Manurung, mengatakan pihaknya juga akan menyatukan lobi dari kedua hotel tersebut. Saat ini lobi kedua hotel tersebut masih terpisah pembatas dan mini market.

Nantinya sekat pemisah kedua lobi akan dibuka. Menurut Erwin, terobosan itu dilakukan untuk memberikan nilai tambah untuk para tamu Pop! Hotels Solo. Dengan disatukannya area reception dan lobi, tamu Pop! Hotels nantinya bisa menikmati fasilitas lebih.

“Jadi tamu Pop! juga bisa mendapatkan fasilitas gym dan kolam renang, yang selama ini hanya diberikan untuk tamu Harris. Jadi Pop! akan memposisikan diri sebagai satu-satunya hotel bintang dua di Solo yang punya kolam renang dan gym,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya