SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamar hotel (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Sejumlah hotel di Kota Solo mencatat penurunan okupansi pada dua pekan pertama Ramadan. Namun okupansi hotel diprediksi bakal mengalami kenaikan kembali sepekan sebelum Lebaran.

General Manager Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo, Sendang Kusumastuti, mengakui okupansi hotel pada awal Ramadan memang turun. Pihaknya juga menyediakan paket promo menginap selama Ramadan, Paket Makkah dengan harga spesial sebesar Rp490.000 per malam termasuk breakfast ataupun santap sahur.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Rata-rata memang sepi, tapi alhamdulillah di KSPH masih ada atlet NPC yang sudah langganan dari 2018,” terang Sendang saat ditemui Solopos.com di kantornya, pada Rabu (20/3/2024)

Walaupun relatif sepi, Sendang menjelaskan tamu dari instansi pemerintah masih cukup banyak. Selain itu, Sendang juga menyediakan paket berbuka puasa. Menurutnya antusiasme masyarakat cukup besar. Selama dua pekan pertama Ramadan, ada lebih dari 500 tamu yang datang untuk menikmati paket berbuka di KSPH.

General Manager Lorin Group Solo, Heri Haryosa, mengakui hal serupa. Menurut dia awal Ramadan memang menjadi momen tidak terlalu menggembirakan bagi industri perhotelan di Kota Solo.

“Untuk diketahui pendapatkan kami dibandingkan tahun lalu jauh lebih baik. Artinya bahwa 2024 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Cuma memang seperti biasa, awal-awal bulan puasa tidak terlalu menggembirakan, tapi pekan kedua dan dua pekan sebelum lebaran traffic meningkat,” papar dia pada Jumat (15/3/2024) lalu.

Saat ini Hery mengaku tengah mempercepat perbaikan kolam renang anak di Dwangsa Lorin. Hal ini menjadi salah satu cara untuk menggaet para tamu.

Marketing Communication Solo Paragon Hotel & Residences, Mahadewi Lourdes, menguraikan okupansi kamar saat ini cenderung lebih rendah dibandingkan hari biasanya.

“Cuma nanti mendekati Idulfitri pasti naik, sepekan sebelum Lebaran dan sepekan setelah Lebaran. Kebanyakan dari tamu family, luar kota,” terang Mahadewi, pada Senin (18/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya