SOLOPOS.COM - Budi Waseso ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Semen Indonesia.(Istimewa/Bisnis.com)

Solopos.com, MIMIKA – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau yang disebut SIG mengangkat Budi Waseso sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen perseroan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) SIG 2023 di Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Sekretaris Perusahaan SIG, Vita Mahreyni mengatakan, RUPSLB 2023 juga mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Rudiantara sebagai Komisaris Utama dan Arief Prasetyo Adi sebagai Komisaris.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Dengan penunjukan komisaris baru, SIG terus fokus menjalankan inisiatif-inisiatif strategis untuk peningkatan kinerja sehingga memberikan nilai tambah.

“Perseroan saat ini terus fokus menjalankan inisiatif-inisiatif strategis untuk peningkatan kinerja agar dapat terus memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan khususnya para pemegang saham, serta mencapai operational excellence dan target-target keberlanjutan,” ujar Vita melalui keterangan tertulis seperti dilansir Antara.

Vita menyampaikan, beberapa inisiatif strategis yang menjadi fokus SIG antara lain dekarbonisasi melalui instalasi solar panel di unit-unit operasional dan pemanfaatan refuse derived fuel (RDF) sebagai bahan bakar alternatif di pabrik semen.

Kemudian, optimalisasi pasar ekspor dan mempertahankan kepemimpinan dalam proyek strategis nasional, modernisasi ekosistem retail, penerapan plant optimizer serta cargo cosolidator untuk efisiensi biaya produk dan distribusi.

Lebih lanjut, untuk menjaga keberlanjutan bisnis di tengah kondisi pasar semen yang masih mengalami oversupply dan persaingan yang ketat, SIG berkomitmen untuk mempertahankan kepemimpinan pasar melalui optimalisasi pasar, fasilitas produksi dan jaringan distribusi yang ekstensif.

“SIG siap memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan dengan solusi produk dan layanan inovatif dan ramah lingkungan,” kata Vita.

Sebelum ditunjuk menjadi Komut SIG, pria kelahiran, Jawa Tengah 63 tahun lalu ini menjabat sebagai Direktur Utama Badan Urusan Logistik (Bulog) sejak April 2018.

Selain itu, Joko Widodo juga menunjuk Buwas, panggilan akrab Budi Waseso menjadi Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka atau Ka Kwarnas dengan masa jabatan 2018-2023. Pensiunan perwira tinggi kepolisian ini juga mengisi posisi Kepala BNN pada 2015-2018. Posisi kepala BNN ditempati setelah Buwas menjabat singkat selama 9 bulan sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya