SOLOPOS.COM - Ilustrasi persiapan mudik. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Menjelang momentum mudik Lebaran, Tokopedia berbagi tips kepada calon pemudik agar bisa mudik lebih aman dan nyaman. Ada lima tips yang perlu diperhatikan, termasuk bagi pemudik dengan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) jumlah pemudik Lebaran di tahun 2024 diprediksi menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Dimana sebanyak 193,6 juta orang diprediksi akan mudik tahun ini, atau setara dengan 71,7% rakyat Indonesia.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Untuk itu perlu persiapan matang agar mudik bisa dilakukan dengan nyaman dan aman. Berikut lima tips yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum melakukan perjalanan.

1. Pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Pelaku perjalanan bisa melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting seperti oli mesin, tekanan ban, air radiator, dan sistem rem. Hal ini penting untuk meminimalkan risiko kecelakaan di jalan selama perjalanan mudik. Hal lain yang tidak bisa ditinggalkan yakni membawa buku servis dan dokumen kendaraan yang lengkap sebagai persyaratan standar berlalu lintas.

“Untuk membantu masyarakat dalam persiapan tersebut, Tokopedia menyediakan layanan Tokopedia Garage yang memberikan akses untuk mendapatkan berbagai perlengkapan dan perawatan mobil dan motor. Ada pula Layanan Jasa Pasang Otomotif dari Tokopedia. Dengan begitu masyarakat dapat dengan mudah memperoleh fasilitas pemasangan untuk berbagai produk otomotif, termasuk onderdil mobil dan motor, yang dibeli melalui platform Tokopedia,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, dalam rilis.

2. Siapkan uang tunai dan saldo kartu uang elektronik

Diketahui, pembayaran digital saat ini semakin menjadi andalan masyarakat saat melakukan transaksi. Namun ada baiknya tetap menyiapkan uang tunai cadangan dan memastikan saldo kartu uang elektronik tetap terisi untuk beberapa tempat selama perjalanan mudik.

3. Titipkan hewan peliharaan pada orang terdekat

Jika memiliki hewan peliharaan dan tidak memungkinkan untuk dibawa mudik, ada baiknya dititipkan di jasa penitipan hewan peliharaan, seperti di klinik atau pet shop terpercaya. Bisa juga menitipkan ke orang terdekat untuk menjaga hewan peliharaan. Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan, camilan kesukaan hewan peliharaan, dan produk perawatan kepada orang yang akan merawat hewan peliharaan selama mudik.

4. Siapkan perlengkapan untuk kejadian yang tidak terduga

Untuk melalukan perjalanan jauh, seperti pada mudik, dibutuhkan kondisi fisik yang prima bagi pemudik. Untuk menjaga kesehatan fisik pemudik, dianjurkan membawa kotak P3K berisi obat anti mabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik pembersih luka dan perban.

5. Siapkan keperluan perbekalan makanan dan minuman serta alat ibadah

Untuk mengantisipasi perjalanan mudik yang panjang, siapkan makanan dan minuman secukupnya untuk sekeluarga. Bawalah makanan dan minuman yang tahan lama dan mudah dibawa, seperti roti, biskuit, buah-buahan dan air minum.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya