SOLOPOS.COM - Ilustrasi pekerja kantoran. (Freepik)

Solopos.com, SOLO— Sejumlah perusahaan membeberkan beberapa kriteria calon tenaga kerja yang dibutuhkan di era saat ini. Ternyata kemampuan akademis saja tidak cukup untuk menembus dunia kerja.

Corporate HR Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, Puput Handayani, mengatakan sebagai pengguna tenaga kerja, tentunya menginginkan karyawan dengan kemampuan lengkap. Secara hard skill bagus, soft skill bagus, punya daya juang yang tinggi dan siap akan perubahan.

Promosi Tingkatkan Konektivitas Data Center, Telin dan SingTel Kembangkan SKKL

“Siap akan perubahan ini salah satunya adalah soal karakteristik,” kata dia dalam diskusi panel di acara Business Matching, Program Penguatan Ekosistem Kemitraan Untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah di Provinsi Jawa Tengah, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, si Solo Techno Park, Selasa (21/5/2024).

Division Head HRGA PT Mekar Armada Jaya, Novi Lekwandi, mengatakan kuaitas sumber daya manusia (SDM) memang sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Namun dalam melakukan penerimaan tenaga kerja, dari New Armada melihat beberapa hal. Bukan sekedar dilihat dari kemampuan secara ilmu pengetahuan.

“Paket komplit itu penting. Tapi kami juga melihat secara karakter, dari kerja kerasnya, semangatnya, daya juangnya dan watak atau kepribadian,” kata dia pada acara yang juga disiarkan di Youtube Politeknik ATMI Surakarta tersebut.

Saat ini di sejumlah perusahaan, termasuk dari KEK Kendal maupun PT Mekar Armada Jaya, juga telah membuka peluang magang untuk anak-anak sekolah terlebih untuk sekolah vokasi. Hak itu diharapkan juga bisa melihat kemampuan dari peserta magang tersebut. Ketika peserta magang tersebut memiliki kemampuan dan hal lain yang dibutuhkan perusahaan, bukan tidak mungkin perekrutan tenaga kerja diambil dari program magang tersebut.

Head of Training PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), Erlang Rachyudi, bahkan mengatakan sejak 2023, perusahan tersebut sudah lebih banyak merekrut trnaga kerja dari program magang atau PKL. Menurutnya untuk merekrut tenaga kerja, ada beberapa hal yang diperhatikan, yakni knowledge, skill dan attitude.

“Kalau knowledge dan skill mungkin bisa dinilai sekilas melalui assessment. Hal penting lainnya adalah attitude, yang kita tidak bisa melihat karakter seorang secara sekilas satu dua hari saja. Maka di Polytron mulai 2023, kami lebih banyak merekrut dari yang prakerin atau PKL di Polytron,” jelas dia.

Melalui program magang tersebut, perusahaan bukan hanya bisa melihat kemampuan peserta magang dari sisi pengetahuan maupun skill. Perusahaan juga bisa melihat dari sisi sikap selama peserta menjalani magang sekitar enam bulan. Dia mengatakan ketika selama menjalani magang tersebut, peserta menunjukkan kemampuan yang diinginkan perusahaan, bukan tidak mungkin peserta tersebut akan direkrut bahkan sebelum lulus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya