SOLOPOS.COM - Para narasumber di acara Program Sharing dan Diskusi Sinergi BUMN Berdayakan UMKM yang digelar di Griya Solopos, Selasa (27/6/2023). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Sebagai jantungnya Indonesia, PT PLN (Persero) memiliki tugas penting dalam memastikan kualitas lisrik yang andal. Namun sebagai bagian dari BUMN, PLN juga memiliki perhatian khusus pada sektor UMKM.

Manager PLN UP3 Surakarta, Deri Prasetio Utomo, menyampaikan PLN memang memiliki tugas untuk memberikan listrik yang berkualitas untuk seluruh elemen masyarakat. Termasuk untuk kalangan pelaku usaha skala UMKM hingga perindustrian.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Mengenai pasokan listrik, Deri memastikan jika pasokan listrik di Soloraya bahkan di Jawa Tengah (Jateng)-DIY sangat cukup.

“Jadi jika ada masyarakat yang berinvestasi di Soloraya atau di Jateng-DIY, listriknya sangat aman dan PLN siap mendukung,” kata dia dalam Program Sharing dan Diskusi Sinergi BUMN Berdayakan UMKM: UMKM Bangkit, Ekonomi Melejit, yang digelar Solopos Media Group (SMG) di Multifunction Hall Radya Litera Griya Solopos, Selasa (27/6/2023).

Sementara khusus untuk UMKM, saat ini PLN juga sangat peduli untuk ikut serta dalam pengembangannya. Tentunya hal tersebut dilakukan dengan bersinergi BUMN lainnya seperti yang dilakukan di Rumah BUMN.

“Di situ kami menunjuk orang-orang yang memang aktif, kreatif dalam rangka mengembangkan UMKM. Beberapa UMKM dikumpulkan di situ kemudian dilakukan pelatihan bagaimana cara mengemas, memasarkan produk, sampai cara menghitung keuntungan,” jelas dia.

Di samping itu, PLN juga proaktif dalam pengembangan UMKM melalui mitra-mitra binaan. Dia mencontohkan, saat ini PLN juga memiliki mitra binaan yang ada di wilayah Solo. Mitra tersebut merupakan bengkel modifikasi sepeda motor yang salah satu produknya adalah motor listrik yang dikonversi dari motor konvensional.

“Tentunya ini juga mendukung program pemerintah terkait konversi motor listrik. Bengkel ini kami dukung dari sisi sertifikasi bengkelnya, supaya kendaraan yang diproduksi bisa diakui secara resmi dan dapat diurus suarat-suratnya,” lanjut dia.

Lebih lanjut pihaknya juga menyampaikan bahwa saat ini PLN telah memiliki aplikasi PLN Mobile. Aplikasi tersebut merupakan super App yang memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai marketplace produk-produk UMKM.

Setiap pelaku UMKM bisa mendaftarkan usahanya pada aplikasi tersebut. Untuk lebih meningkatkan geliat UMKM, PLN juga memiliki program menarik untuk ikut mengangkat produk UMKM yang terdaftar dalam aplikasi tersebut.

“Jadi pada event-event tertentu, saat PLN melakukan kegiatan promo tambah daya listrik, kami syaratkan orang yang ingin mendapatkan promo tambah daya itu supaya belanja dulu melalui aplikasi PLN mobile minimum Rp125.000,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya