SOLOPOS.COM - Lomba menulis dengan tema Industri dan Komitmen Menjaga Pelestarian Air dan Lingkungan yang diadakan oleh PT Tirta Investama (AQUA). (Istimewa).

Solopos.com, SOLO–AQUA Online Journalist Writing Competitions telah memasuki tahap terakhir. Tiga orang dewan juri telah memilih enam artikel terbaik dari total 123 artikel yang masuk ke panitia.

Enam artikel terbaik tersebut meliputi tiga artikel hardnews dan tiga artikel features. Artikel terbaik itu muncul setelah proses diskusi tiga dewan juri melalui agenda panelis pada Jumat (26/1/2024).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti diketahui, pada November 2023 PT Tirta Investama membuka ajang kompetisi menulis bagi jurnalis media online di wilayah Jateng, Jogja, dan Jatim bertajuk AQUA Online Journalist Writing Competition.

Kompetisi yang mengangkat tema Industri dan Komitmen Menjaga Pelestarian Air dan Lingkungan digelar untuk memberikan inspirasi kepada pembaca tentang isu pelestarian lingkungan, sumber daya air, dan kesejahteraan masyarakat. Kompetisi tersebut mengumpulkan kurang lebih 123 karya/artikel.

Ada tiga dewan juri yang terlibat dalam menentukan pemenang kompetisi atau artikel terbaik. Mereka adalah para pakar yang kompeten baik di bidang jurnalistik hingga lingkungan. Para juri tidak hanya memberikan penilaian secara kuantitatif melainkan juga menilai secara kualitatif melalui proses diskusi panel.

Ketiga dewan juri tersebut adalah Pakar Lingkungan Fakultas MIPA UNS Solo, Prof. Dr. Prabang Setyono, S.Si.,M.Si.,C.EIA.,Ir.,IPM, Sekretaris Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jateng, Rini Yustiningsih, dan External Communication Manager Danone-AQUA, Rony Rusdiansyah.

Prabang Setyono menyampaikan ada beberapa pertimbangan utama sebuah artikel bertema besar lingkungan itu dianggap klir. Dalam pandangan seorang pakar, artikel yang tentunya merujuk pada sebuah program setidaknya harus merujuk pada dua hal yakni nilai tambah lingkungan dan sustainability atau keberlanjutan.

Dua unsur itu setidaknya yang menjadi pertimbangan utama dewan juri khususnya Prabang sebagai seorang pakar dalam memilih artikel terbaik. Unsur penting bisa dilihat dari pemilihan tema artikel, judul yang diangkat, serta kelengkapan dan kedalaman ulasan artikel.

Tema Industri dan Komitmen Menjaga Pelestarian Air dan Lingkungan diejawantahkan ke dalam beberapa subtema yang lebih spesifik. Dari 123 artikel yang masuk dalam AQUA Online Journalist Writing Competitions, tema artikel kebanyakan seputar konservasi sumber daya alam, pelestarian sungai, pengelolaan sampah, pengembangan wisata air, pembuatan biogas, dan lain-lain.

Menurut Prabang, dampak sustainability dari aktivitas pelestarian lingkungan itu berbeda dan ada tingkatannya. “Konservasi tentu menjadi aktivitas dengan tingkat sustainability paling tinggi,” tutur Prabang, saat diskusi panel.

Sementara Rini Yustiningsih, mengulik kualitas artikel dari kacamata jurnalistik, seperti pemenuhan unsur 5W1H hingga bagaimana proses artikel itu dibuat. Artikel dengan proses peliputan ke lapangan mendapatkan nilai plus dalam penilaian.

Rony Rusdiansyah menyampaikan AQUA Online Journalist Writing Competitions yang digelar sejak periode November–Desember 2023 tidak hanya untuk membangun awareness terkait dengan kegiatan pelestarian alam dan corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan PT Tirta Investama selaku industri air minum dalam kemasan (AMDK) bermerek AQUA.

“Pemaparan dan pertimbangan juri pakar yang lebih banyak menyoroti soal program dalam artikel menjadi masukan bagi kami untuk menggali lebih dalam tentang program-program lain yang sekiranya dibutuhkan dalam konteks pelestarian lingkungan secara keberlanjutan,” kata Rony.

Rony Rusdiansyah mengapresiasi antusiasme jurnalis di wilayah Jateng, Jogja, dan DIY untuk ikut serta dalam kompetisi tersebut.

Berikut enam artikel terbaik yang menjadi juara AQUA Online Journalist Writing Competitions.

KATEGORI HARDNEWS
1. Warjono, koranbernas.id
“Kisah Sukses AQUA Mengembangkan Kopi Konservasi dan Budidaya Anggrek Merapi”
2. Novita Rahmawati, Gatra
“Kembangkan Biogas, Desa Ini Inisiatif Bikin Arisan Warga untuk Galang Dana”
3. Wahyu Gilang Putranto, Tribunnews.com Solo
“Solusi Kreatif Olah Limbah Lewat Bank Sampah: Sungai dan Lingkungan Bebas Cemaran, Warga Raup Cuan”

KATEGORI FEATURES
1. Garudea Prabawati, Tribunnews.com
“Birunya Api dari Kotoran Sapi, Jadi Asa Warga Desa Mundu Manfaatkan Biogas Demi Lingkungan Lestari”
2. Jamil, Mercusuar.co
“Pelestari Pohon Penjaga Mata Air Desa Pungangan”
3. Galih Puji Laksana, Inibaru.id
“Upaya Danone-AQUA dan Pusur Institute Merawat Urat Nadi Masyarakat Klaten”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya