SOLOPOS.COM - Mendiang Soebronto Laras (Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA — Mendiang Soebronto Laras adalah sosok di balik tenarnya produk otomotif merek Suzuki di Indonesia.

Para pelaku industri mengenang Pak Bronto, sapaan akrab Soebronto Laras, sebagai figur inspiratif di industri otomotif di Tanah Air.

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

Perjalanan Pak Bronto dalam membangun Suzuki menjadi salah satu brand ternama di Indonesia menjadi inspirasi bagi para manajer muda untuk mengikuti jejaknya

“Sungguh kehilangan yang luar biasa bagi industri otomotif Indonesia,” ujar Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Fransiscus Soerjopranoto, Rabu (20/9/2023).

Soerjopranoto mengatakan, meninggalnya Soebronto Laras menyisakan duka yang mendalam.

Senada dengannya, Business Innovation and Marketing & Sales Director Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengatakan sosok Soebronto Laras merupakan salah satu figur inspiratif dalam industri otomotif di Tanah Air.

“Terutama melalui semangatnya dalam memajukan industri otomotif dalam negeri. Rest in Peace Pak Soebronto Laras,” ujar Billy.

Mendiang Soebronto Laras merupakan lulusan sarjana Teknik Mesin dari Paisley College di Skotlandia pada 1969.

Pria kelahiran Jakarta, 5 Oktober 1943 itu juga memiliki gelar Diploma of Business Administration dari Hendon College di London pada 1972.

Berbagai jabatan sempat dia duduki di Indomobil. Soebronto Laras mulai bergabung dan mendirikan Grup lndomobil sejak 1976 sebagai Presiden Direktur PT lndomobil Utama.

Pada 1982, dia ditunjuk sebagai Direktur Utama Perseroan.

Pada Juni 2002, Soebronto Laras ditunjuk sebagai Komisaris Utama Perseroan berdasarkan Akta No. 95 tanggal 25 Juni 2002 yang dibuat di hadapan Ny. Poerbaningsih Adi Warsito, S.H., Notaris di Jakarta.

Ketertarikan Soebronto ke dunia otomotif memang sudah terpupuk sejak kecil.

Ia bahkan pernah menekuni dunia balap bersama pebalap nasional Tinton Soeprapto.

Dedikasinya di industri otomotif menempatkannya sebagai Direktur Utama PT Indohero Steel & Engineering Co., dan PT Indomobil Utama sebagai perakit motor dan mobil Suzuki.

Tak hanya berbisnis di dunia otomotif, mendiang juga tercatat sebagai Wakil Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group, Wakil Presiden Komisaris Solopos Media Group, dan Wakil Presiden Komisaris Harian Jogja.

Ketiga perusahaan ini merupakan perusahaan media massa.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Soebronto Laras Dikenal Sebagai Figur Inspiratif Bagi Industri Otomotif”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya