SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang rupiah (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Ingin tahu bagaimana cara cek penerima bantuan El Nino? Simak ulasan berikut.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk menambah daya beli masyarakat miskin. Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp7,52 triliun untuk bantuan langsung tunai (BLT) El Nino, yang akan disalurkan pada November hingga Desember 2023.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Bantuan langsung tunai [BLT] untuk El Nino, lagi dimatangkan di Kementerian Keuangan,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto seusai menghadiri BNI Investor Daily Summit 2023, di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Airlangga mengatakan, BLT tersebut akan diberikan pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp200.000 untuk November dan Desember.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, bantuan tersebut akan ditujukan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Nantinya, penerima BLT akan mendapatkan bantuan sebesar Rp200.000 per bulan, sehingga total uang yang akan diterima adalah Rp400.000 dan akan diberikan melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

Sri Mulyani mengungkapkan, penerima BLT sebanyak 18,8 juta ini merupakan kelompok penerima sembako, dengan nama, alamat, dan nomor account yang sudah dikantongi oleh Kemensos. Adapun, untuk bisa menerima bantuan ini harus masyarakat miskin dan terdaftar sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Lantas bagaimana cara mengecek daftar penerima BLT El Nino?

Mengutip dari Bisnis.com, Senin (30/10/2023), cara cek daftar penerima BLT El Nino bisa menggunakan dua cara, yaitu dengan melalui website Kemensos, dan melalui aplikasi.

Untuk mengecek melalui website caranya berikut ini:

1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id
2. Isi wilayah penerima bantuan dengan mengisi kolom provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan. 3. Isi nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan KTP
4. Masukan empat huruf kode yang tertera dalam kotak.
5. Klik tombol Cari Data.

Sementara itu, untuk mengecek via aplikasi bisa dilakukan dengan langkah berikut:

1. Unduh Aplikasi Cek Bansos yang resmi milik Kemensos
2. Jika sudah terunduh, buat akun baru dan isi data diri yang tersedia, seperti Nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan alamat sesuai KTP
3. Ambil swafoto, serta foto KTP
4. Klik buat akun baru. Data yang dimasukkan akan diverifikasi oleh aplikasi Kemensos
5. Setelah terverifikasi, klik Log In dan masukan username dan kata sandi yang sudah dibuat
6. Klik Cari Data

Itulah ulasan tentang cara cek penerima bantuan El Nino yang akan diberikan senilai Rp200.000 selama dua bulan kepada warga yang berhak menerima sesuai ketentuan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya