SOLOPOS.COM - Kereta cepat Jakarta-Bandung. (Bisnis.com).

Solopos.com, SOLO —  Dilaunching pada 18 Agustus 2023, harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung dimulai dengan Rp250.000.

Sebelumnya, tiket kereta cepat Jakarta-Bandung dengan harga Rp250.000 ini menjadi salah satu topik perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Apalagi, pemerintah akan menggratiskannya selama tiga bulan ke depan.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Tiket kereta cepat Jakarta-Bandung dengan harga Rp250.000 ini akan digratiskan selama 3 bulan atau 90 hari yang terhitung sejak 18 Agustus 2023 mendatang, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Direktur Manajemen Proyek dan Pengembangan Bisnis PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC Allan Tandiono menjelaskan kelas penumpang akan dibagi menjadi tiga kelas yakni second class, first class, dan VIP.

“Jadi terdapat different seats yang ada di Kereta Cepat dari second Class, first Class, sampai VIP. Kalau harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung second class sekitar Rp250.000 sampai Rp350.000. Kalau first class bicara Rp400.000. Kalau VIP mungkin Rp500.000 dan di atas,” jelasnya dalam webinar Potensi Bisnis di Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung beberapa waktu lalu.

Berdasarkan desain kereta cepat, rangkaian kereta akan terdiri atas tiga kelas tersebut dan ruang untuk makan (dining). Kelas atau tempat duduk VIP berkapasitas 18 orang, first class 28 orang, dan second class 555 orang.

Allan menjelaskan nantinya kereta cepat juga menyediakan sejumlah layanan bundling yang meliputi layanan porter, makanan, interkonektivitas dengan moda lain, akomodasi, dan layanan shuttle.

Di sisi lain, harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung nantinya bisa diatur berdasarkan waktu keberangkatan. Misalnya, pada hari kerja (weekday), akhir pekan (weekend), peak hour, normal hour, dan peak season.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan pihaknya sudah memperhitungkan tarif Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB).  Budi Karya mengatakan saat itu kisaran harganya Rp 250.000 hingga Rp300.000 per penumpang.

Direktur Utama (Dirut) Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi membenarkan harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung untuk operasi awal akan ditawarkan Rp250.000.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Cara Beli Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Dibatasi 600 Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya