SOLOPOS.COM - Acara Gathering dan Sosialisasi Pengembangan Layanan RSGM Soelastri rangkaian Milad ke-5 rumah sakit tersebut, Sabtu (20/1/2024).(solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO— Tahun ini Rumah Sakit Gigi dna Mulut (RSGM) Soelastri, Solo, melaksanakan Milad Ke-5. Bersamaan dengan bertambahnya usia, RSGM Soelastri kini tengah fokus untuk mengembangkan layanan unggulan guna meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

Direktur Utama RSGM Soelastri, drg. Ida Witiasati, M.Kes.,FISQua, menyampaikan dengan perjalanan lima tahun ini, RSGM Soelastri telah merencanakan adanya peningkatan pelayanan gigi dan mulut untuk masyarakat. Baik pelayanan yang sifatnya melanjutkan dari yang sudah ada dan pelayanan yang baru yang sifatnya pengembangan, di antaranya adalah pelayanan unggulan.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Untuk pelayanan unggulan yang kami kembangkan adalah tentang pelayanan maksilofasial. Jadi ini adalah layanan untuk kasus-kasus yang terkait trauma muka,” kata dia, saat ditemui disela kegiatan rangkaian Milad Ke-5 RSGM Soelastri, Sabtu (20/1/2024).

Disampaikan saat ini RSGM Soelastri telah memiliki dokter spesialis bedah mulut dan maksilofasial. Di sisi lain selama ini sudah ada beberapa kasus seperti kecelakaan yang mengenai bagian muka, yang sudah dirujuk ke RSGM Soelastri.

Selain itu saat ini rumah sakit tersebut juga telah didukung dengan layanan IGD baik yang umum dan dental, yang buka 24 jam setiap harinya. Dimana untuk layanan dental emergency tersebut tidak dimiliki rumah sakit umum.

“Jadi bila ada kasus kecelakaan yang menyebabkan trauma muka, bisa ditangani di sini. Kami juga memiliki fasilitas instalasi bedah sentral, ada spesialis bedah mulut, spesialis anastesi, maka kami akan kembangkan menjadi pelayanan unggulan,” lanjut dia.

Layanan unggulan lainnya adalah pelayanan untuk ABK atau anak berkebutuhan khusus. Layanan itu dikembangkan karena menurutnya sangat penting untuk membantu para ABK mendapatkan layanan gigi dan mulut.

“Untuk ABK ini mungkin masih minimal untuk akses pelayanan kesehatan, khususnya untuk gigi dan mulut. Kami juga sudah memiliki fasilitas untuk menangani itu,” kata dia.

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) RSGM Soelastri, Prof. Dr. M. Da’i, M.Si., Apt., menyampaikan RSGM Soelastri saat ini merupakan satu-satunya rumah sakit gigi dan mulut di Jawa Tengah sisi selatan. Untuk itu RSGM Soelastri terus berupaya untuk meningkatkan layanan.

“Tentu yang pertama kami ingin lakukan bagaimana agar rumah sakit ini menjadi pusat layanan gigi dan mulut yang paripurna. Ini tentu memerlukan ikhtiar yang kuat untuk mewujudkan,” kata dia.

Pihaknya bersyukur saat ini RSGM Soelastri sudah menjadi fasilitas kesehatan yang dimanfaatkan masyarakat, bukan hanya Solo dan sekitarnya. Dia mengatakan tidak sedikit masyarakat dari sebagian Jawa Timur yang datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Dia mengatakan ke depan RSGM Soelastri juga akan terus mengembangkan layanan yang unggul. Di antaranya dengan pendekatan teknologi modern serta pendekatan digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya