SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamar hotel. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Momen libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024 membawa keberkahan bagi industri hotel di Kota Solo. Sejumlah pengelola hotel mengaku kamar-kamar yang mereka sediakan penuh dipesan.

Seperti diungkapkan oleh Public Relations The Sunan Hotel Solo, Tika Ratna, mengatakan The Sunan Hotel Solo saat dihubungi Solopos.com, pada Jumat (9/2/2024). “Kami weekend ini fully booked. Okupansi meningkat lumayan sekitar 30% dari rata-rata biasa hunian kamar,” ujar Tika.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Pihaknya memprediksi okupansi hotel cenderung tinggi hingga akhir pekan ini. Dia juga menyebut menjelang masa tenang Pemilu/Pilpres membuat okupansi akan cenderung menurun pada pekan depan.

Senior Public Relations Manager Lorin Solo Hotel, Dhani Wulandari, mencatat peningkatan okupansi di tempatnya. Bahkan, dia menyebut kamar-kamar penuh dipesan baik di Lorin Solo Hotel dan Syariah Hotel Solo.

“Bahkan mencapai puncaknya pada hari ini 9/2/2024 baik utk Lorin Solo Hotel maupun sister company kami Syariah Hotel Solo all rooms full booked 100%,” terang Dhani.

Peningkatan ini tercatat hingga besok Sabtu (10/2/2024) dan sejumlah tamu mulai check out hotel pada Minggu (11/2/2024). Dia menguraikan tamu hotel didominasi dari free and independent traveler (FIT) ataupun keluarga.

Humas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo, Wening Damayanti, menilai momen long weekend pada pekan ini memang momen baik bagi industri hotel dan wisata. Tingkat okupansi di hotel bintang 3 ke atas mencapai 80% di samping hotel bintang 1 dan bintang 2 yang sudah fully booked.

“Ada sumbangan sedikit persentase dari perayaan Imlek di hotel, tetapi bukan yang utama. Bisa dibilang hal itu sebagai pelengkap untuk fasilitas tamu. Karena tamu yang merayakan Imlek dengan makan malam di restoran ataupun hotel-hotel lebih dari 70% masih tamu-tamu lokal dari area Kota Solo dan Soloraya,” terang Wening.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya