SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang Kereta Api. (Istimewa/KAI Daops 6 Yogyakarta).

Solopos.com, SOLO – PT KAI Daop 6 Yogyakarta berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, khususnya selama periode Angkutan Lebaran, baik melalui keamanan maupun kenyamanan perjalanan.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro,  dalam keterangan tertulis mengatakan ketersediaan tiket, pada Senin (25/3/2024) pukul 08.00 WIB, tiket KA Jarak Jauh keberangkatan awal dari Daop 6 Yogyakarta yang terjual untuk periode H-10 (31 Maret) sampai dengan H+10 (21 April) sebanyak 216.529 tiket atau 59%. Sedangkan total tiket yang disediakan sebanyak 368.074 tiket. Jumlah tiket yang terjual tersebut akan terus meningkat karena penjualan masih berlangsung.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Dijelaskan, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-4 tanggal 6 April. Dimana penumpang yang turun di wilayah Daop 6 Yogyakarta sejumlah 15.674 penumpang. Pada Lebaran kedua juga masih banyak penumpang yang turun, dengan jumlah yang hampir seimbang dengan prediksi puncak arus Mudik yaitu sejumlah 15.487 penumpang.

Kemudian untuk arus balik di H+2 tanggal 13 April, H+3 tanggal 14 April dan H+4 tanggal 15 April, okupansi sudah terjual 100%, dengan prediksi Puncak arus Balik di H+3 tanggal 14 April dengan 17.927 penumpang.

“Namun jika calon penumpang kehabisan tiket kereta langsung yang diinginkan, menurutnya pelanggan masih memiliki pilihan lain dengan memilih tanggal alternatif atau menggunakan fitur Connecting Train pada aplikasi Access by KAI. Fitur tersebut akan membantu memberikan pilihan perjalanan dengan menggabungkan jadwal kereta yang tersedia secara bersambung,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Senin (25/3/2024).

Di sisi lain,  masyarakat yang berencana mudik atau melakukan perjalanan dengan kereta api (KA), diharapkan untuk tidak terlambat sampai di stasiun pemberangkatan.

Krisbiyantoro, mengimbau kepada seluruh pelanggan agar mengalokasikan waktu yang cukup ketika akan menuju stasiun keberangkatan. Hal tersebut penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan tertinggal KA yang telah dipesannya.

“Mengingat kepadatan jalan raya yang cenderung meningkat di momen menuju mudik Lebaran, atau faktor-faktor lainnya. Kami mengingatkan agar pelanggan tetap dapat menggunakan kereta api sebagai moda transportasi untuk pulang ke kampung halaman, dengan mengatur waktu keberangkatan dari kediaman menuju stasiun keberangkatan,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya