SOLOPOS.COM - Sebanyak 15 unit sepeda motor milik pemudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) tiba di Terminal Tirtonadi Solo, pada Sabtu (23/12/2023) sore. (Istimewa/Terminal Tirtonadi)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 15 unit sepeda motor milik pemudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) tiba di Terminal Tirtonadi Solo, pada Sabtu (23/12/2023) sore.

Dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, sepeda motor tersebut diangkut menggunakan satu unit truk Fuso. Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono melakukan penurunan sepeda motor pemudik di sisi timur Terminal Tirtonadi.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Saat ini posko Nataru bekerja selama 24 jam juga telah didirikan guna mengantisipasi lonjakan penumpang musim mudik Nataru.

“Saat ini motor sudah datang, kami tinggal menunggu penumpangnya tiba. Informasi yang kita terima penumpang diberangkatkan tadi pagi, sekira pukul 10.00 WIB dari Terminal Pulau Gebang dan Kampung Rambutan,” kata dia.

Lebih lanjut, Bandiyono menguraikan penumpang yang akan mengambil sepeda motor bisa langsung menghubungi petugas posko.

Penumpang akan diarahkan menuju kendaraan masing-masing. Untuk penumpang yang akan melanjutkan perjalanan, bisa menuju ke ruang tunggu yang sudah disiapkan.

Pihaknya telah menyiapkan ruang tunggu bagi penumpang yang melanjutkan perjalanan dengan transportasi lanjutan.

“Baik itu taksi, ojek, online maupun pangkalan, siap. Untuk transportasi lanjutan bus AKDP juga siap. Dan jika penumpang dijemput oleh keluarga masing-masing, Terminal Tirtonadi memiliki lahan parkir yang cukup luas, untuk menampung mobil dari para penjemput,” tambah Bandiyono.

PIC Kedatangan Kendaraan Solo, Galih Seto mengatakan minat masyarakat yang menggunakan sepeda motor pada musim mudik Nataru ini memang cukup sedikit. Hal terlihat dari jumlah sepeda motor yang diangkut, hanya 15 unit. Hanya tujuh sepeda motor yang diturunkan di Kota Bengawan, sedangkan delapan sepeda motor lainnya diturunkan di Yogyakarta.

Galih menyebut peminat mudik sepeda motor ini cenderung turun dari tahun ke tahun. Namun untuk penumpang bus gratis mengalami tren kenaikan..

“Kalau peminat mudik gratis yang menggunakan bus, dari tahun ke tahun meningkat. Seperti tahun ini saja ada 1.040 orang penumpang, dan kami angkut menggunakan 26 bus,” imbuhnya.

Sebagai informasi truk pengangkut sepeda motor tersebut berangkat dari Terminal Pondok Cabe pada Kamis (21/12/2023) sekitar pukul 20.00 WIB. Diketahui perjalanan cenderung lambat karena kondisi lalu lintas jalan yang cukup padat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya