SOLOPOS.COM - Stasiun Telawa di Juwangi, Kabupaten Boyolali. (Istimewa/KAI Daops 4 Semarang)

Solopos.com, SOLO–PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daops 4 Semarang menambah stasiun pelayanan naik turun penumpang untuk perjalanan Kereta Api (KA) Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Solobalapan di Stasiun Telawa Kabupaten Boyolali mulai 1 Juni 2024.

Manager Humas KAI Daops 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan KA Banyubiru sebelumnya hanya berhenti melayani naik turun penumpang di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Brumbung, Stasiun Gundih, Stasiun Salem, dan Stasiun Solobalapan.

Promosi Tingkatkan Konektivitas Data Center, Telin dan SingTel Kembangkan SKKL

“Mulai hari Sabtu tanggal 1 Juni 2024 KA Banyubiru menambah pemberhentian untuk naik turun penumpang di Stasiun Telawa. Bagi masyarakat di sekitar Kabupaten Boyolali yang hendak menuju Semarang maupun Solo menggunakan kereta api, kini dapat menggunakan KA Banyubiru,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Rabu (29/5/2024).

Dia mengungkapkan KA Banyubiru memiliki kapasitas sebanyak 630 penumpang serta memiliki dua kelas pelayanan. Harga tiket kelas ekonomi dibanderol mulai Rp40.000, dan kelas eksekutif dengan harga mulai Rp80.000.

Untuk waktu tempuh perjalanan dari Semarang menuju Solo maupun sebaliknya, KA Banyubiru membutuhkan waktu 2 jam 2 menit hingga 2 jam 16 menit setiap perjalanannya. Dalam sehari ada dua kali perjalanan pulang pergi KA Banyubiru atau sebanyak empat kali perjalanan.

“Penambahan jumlah pemberhentian stasiun pada perjalanan KA Banyubiru ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, khususnya untuk mengakomodir masyarakat yang ingin bertransportasi menggunakan jasa angkutan kereta api,” jelas Franoto.

Dia berharap dengan penambahan jumlah stasiun pemberhentian KA Banyubiru ini dapat meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan transportasi massal kereta api. Sekaligus, lanjutnya, dapat meningkatkan mobilitas serta perekonomian masyarakat di Jawa Tengah khususnya di Semarang, Grobogan, Boyolali dan Solo.

Jadwal keberangkatan KA Banyubiru dengan tujuan Stasiun Solobalapan:

– Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pukul 07.50 WIB dan 20.45 WIB;

– Stasiun Brumbung berangkat pukul 08.10 WIB dan 21.04 WIB;

– Stasiun Telawa berangkat pukul 08.52 WIB dan 21.46 WIB;

– Stasiun Karangsono berangkat pukul 22.01 WIB

– Stasiun Gundih berangkat pukul 09.35 WIB dan 22.17 WIB.

Jadwal keberangkatan KA Banyubiru dengan tujuan Semarang Tawang Bank Jateng:

– Stasiun Solo Balapan pukul 10.40 WIB dan 17.15 WIB;

– Stasiun Gundih pukul 11.00 WIB dan 17.35 WIB;

– Stasiun Telawa pukul 11.47 WIB dan 18.22 WIB;

– Stasiun Padas pukul 18.40 WIB;

– Stasiun Brumbung pukul 12.25 WIB dan 19.14 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya