SOLOPOS.COM - Ilustrasi SPBU PT Pertamina (Persero). (Solopos.com).

Solopos.com, SOLO – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) mencatat rata-rata konsumsi gasolin di Jawa Tengah (Jateng) dan DIY selama periode Satgas Pemilu 2024 meningkat 0,2%. Sedangkan rata-rata harian konsumsi LPG meningkat sebanyak 3%.

PT Pertamina JBT mencatat konsumsi gasolin untuk jalur tol Trans Jawa naik sebanyak 15%. Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, mengatakan kenaikan konsumsi gasolin tertinggi terjadi di SPBU Rest Area KM 287 A Tegal dengan presentase sebanyak 77% atau naik sebanyak 1.000 liter pada periode Satgas Pemilu (5 Februari – 18 Februari 2024). Sedangkan untuk gasoil naik sebanyak 121% atau naik sebanyak 340 liter pada periode Satgas Pemilu.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Secara keseluruhan, rata-rata konsumsi gasolin selama periode Satgas Pemilu meningkat sebanyak 0,2% atau sebanyak 12.816 kilo liter [KL] per hari dibandingkan periode normal [rerata harian Januari 2024] sebanyak 12.789 KL per hari [untuk] Provinsi Jateng dan DIY,” kata Brasto, dalam rilis, Selasa (20/2/2024).

Disebutkan, puncak konsumsi tertinggi gasolin di Jawa Tengah dan DIY pada periode Satgas Pemilu terjadi pada 13 Februari 2024 dengan kenaikan sebanyak 13%. Konsumsi tertinggi gasolin di Jateng selama periode Satgas Pemilu adalah Kabupaten Sragen dengan peningkatan konsumsi sebanyak 6% dan untuk gasoil adalah Kabupaten Grobogan dengan peningkatan konsumsi sebanyak 15%.

Sementara itu rata-rata harian konsumsi LPG selama masa Satgas Pemilu di Jateng dan DIY meningkat sebanyak 3% atau sebanyak 4.822 metrik ton (MT) per hari, dibandingkan periode normal sebanyak 4.667 MT per hari. Konsumsi tertinggi untuk LPG di Jateng pada periode Satgas Pemilu terdapat di Kota Salatiga dengan kenaikan konsumsi sebanyak 8%.

PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT memastikan penyaluran energi baik BBM maupun LPG di Jateng dan DIY terkendali selama masa Satgas Pemilu 2024.

“Pertamina Patra Niaga JBT memastikan untuk penyaluran energi baik BBM maupun LPG [berlangsung] aman kepada masyarakat, termasuk setelah masa pemilu 2024. Kami mengimbau untuk masyarakat tetap gunakan BBM yang berkualitas sesuai dengan spesifikasi kendaraannya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya