SOLOPOS.COM - RedDoorz near Stadion 45 Karanganyar di Jl. Muwardi, Cangakan Timur, Cangakan, Kecamatan Karanganyar. (RedDoorz).

Solopos.com, JAKARTA — Wisatawan yang menginap di hotel-hotel RedDoorz sepanjang libur Lebaran 2023 didominasi oleh usia 25-24 tahun (35%) atau mereka yang masuk dalam usia generasi milenial dan Gen Z.

Sementara dari sisi pemesanan, terdapat tren spontaneous travelers (wisatawan spontan) yang berkembang di industri perhotelan Indonesia saat libur panjang Lebaran 2023.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Berdasarkan data pemesanan di aplikasi RedDoorz, permintaan akomodasi meningkat pada hari kedua Lebaran sebesar 58% jika dibandingkan hari-hari biasa.

Regional VP Marketing RedDoorz, Henry Manampiring, menjelaskan 80% konsumen memilih memesan dan check-in di hari yang sama dari total kamar yang terjual sepanjang libur Lebaran 2023.

“Kalau umumnya plan liburan sudah direncanakan dari jauh-jauh hari, kali ini konsumen lebih spontan dalam memanfaatkan cuti bersama kemarin,” ujar Henry dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (2/6/2023).

Jumlah wisatawan yang menggunakan aplikasi dan website pada 2023 juga ikut meningkat hingga 12% jika dibandingkan tahun lalu, dengan kenaikan paling signifikan terjadi pada pemesanan lewat website yaitu 150%.

Hal ini menunjukkan berbagai macam fitur dan teknologi di website serta aplikasi RedDoorz sudah semakin membantu dan memudahkan wisatawan dalam memesan hotel RedDoorz.

Henry mengatakan mereka semakin terdorong mengembangkan aplikasi dan situs RedDoorz sehingga bisa selalu diandalkan konsumen.

RedDoorz memiliki platform teknologi pemesanan berupa situs www.reddoorz.com dan aplikasi RedDoorz yang bisa diunduh lewat Google Play Store atau Apps Store.

Survei RedDoorz dan Telkomsel menunjukkan wisatawan terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Essential Seeker dan Max Experience Seeker.

Wisatawan Essential Seeker melihat hotel dan pengonapan hanya sebagai tempat strategis untuk beristirahat dan menyimpan barang untuk sementara waktu.

Mereka puas dengan fasilitas standar, contohnya kasur yang nyaman, air minum, dan peralatan mandi.

Keputusan pemilihan hotel bagi Essential Seeker juga didasarkan pada jarak yang dekat dengan tujuan mereka, menghemat waktu dan tenaga perjalanan, dan meminimalisasi pengeluaran.

Prioritas anggaran mereka adalah untuk eksplorasi tempat-tempat yang ingin dikunjungi.

Sementara itu untuk wisatawan Max Experience Seeker menganggap hotel sebagai bagian penting dari pengalaman perjalanan mereka.

Mereka mencari fasilitas lengkap yang sesuai dengan anggaran dan mengharapkan hiburan seperti kolam renang, pusat olahraga, restoran, taman bermain anak, dan pelengkap lain yaitu pemandangan indah, therapy massage, airport shuttle, dan valet parking.

Max Experience Seeker siap mengalokasikan anggaran yang lebih besar untuk menginap di hotel yang menawarkan fasilitas lengkap dan sesuai dengan ekspektasi mereka.

Dalam menjawab berbagai preferensi dan kebutuhan wisatawan, RedDoorz berkomitmen untuk tambahkan berbagai pilihan akomodasi yang nyaman dan terjangkau bagi semua tipe wisatawan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya