SOLOPOS.COM - Lomba Writing Contest Inklusi Keuangan Solopos-OJK dan didukung BNI. (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO – Writing Competition Financial Inclusion yang digelar dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan (BIK) berhasil mengumpulkan 91 naskah atau artikel dengan tema besar “Bijak Kelola Uang untuk Masa Depan”.

Sebanyak 91 naskah tersebut berasal dari pelajar dan mahasiswa di Soloraya yang secara tertulis memberikan gagasan dan ide tentang bagaimana cerdas mengelola keuangan di usia muda untuk masa depan yang lebih baik. Tulisan peserta bisa diakses pada link berikut https://contest.solopos.com/writing/writing-inklusi-keuangan.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Investasi

Beberapa tulisan memberikan gagasan seputar tips-tips investasi yang bisa dilakukan anak muda khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa sebagai modal untuk hidup mapan di masa mendatang. Ada pula yang menuliskan tentang bagaimana pelajar dan mahasiswa pun harus bisa bijak menentukan skala prioritas dalam mengelola keuangan terutama uang saku, dan sisihkan sebagian uang saku untuk disimpan dalam berbagai bentuk instrumen investasi, baik itu menabung, saham, emas, maupun reksadana, atau yang lainnya.

Lomba menulis yang yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo dengan menggandeng Solopos Media Group serta didukung BNI, berlangsung sejak 16 September 2023 hingga 20 Oktober 2023. Lomba ini membuka dua kategori, pelajar dan mahasiswa.

Dari 91 naskah, panitia telah memilih 10 naskah terbaik di masing-masing kategori. Sepuluh naskah tersebut dinilai berdasarkan kesesuaian tema termasuk ide dan gagasan, penggunaan ejaan yang baik dan benar, dan orisinalitas. Penyelenggara melibatkan empat orang content manager Solopos Media Group untuk menilai tulisan peserta.

10 Terbaik

Selanjutnya sepuluh naskah terbaik itu akan disaring menjadi 3 terbaik dari 1 terfavorit oleh tim Otoritas Jasa Keuangan Solo dan Solopos Media Group.

Adapun 10 naskah di masing-masing kategori yang berhasil lolos dalam penjurian tahap final dan berpeluang untuk menjadi 3 terbaik dan terfavorit adalah sebagai berikut :

KATEGORI PELAJAR
1. Pentingnya Tidak Terjerat Pinjol: Menjauhi Risiko Keuangan dan Kesejahteraan Pribadi

2. Mengarungi Arus Keuangan: Pemahaman dan Strategi untuk Kesejahteraan Finansial

3. Membangun Masa Depan Finansial yang Tangguh

4. Prinsip 50 30 20 untuk Kaum Millenial dan Gen Z

5. Guna literasi investasi bagi muda mudi

6. Bijak Kelola Uang untuk Masa Depan

7. Berbijaklah dalam Mengelola Uang: Pelajaran dari Ibu Susi Pudjiastuti.

8. Finansial Mapan Masa Depan Cemerlang

9. Pentingnya Literasi Finansial Pada Gen Z Untuk Bijak Kelola Keuangan Demi Masa Depan

10. Manajemen Keuangan Bijak dan Peran Generasi Muda: Mengawal Stabilitas dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

KATEGORI MAHASISWA
1. Financial Technology, sebagai Peluang Peningkatan Inklusi Keuangan demi Mewujudkan Pengelolaan Keuangan yang Efektif di Masa Depan

2. Menuju Kemakmuran Masa Depan : Rahasia Bijak dalam Mengelola Uang

3. Bijak Mengelola Keuangan dan Menambah Penghasilan Tambahan

4. Bijak Kelola Uang untuk Masa Depan

5. Kenali Investasi Sejak Dini, Putus Mata Rantai Sandwich Generation Kemudian

6. Efektif Mengatur Keuangan Agar Tidak Mengenal “Pinjam Dulu Seratus”

7. Tips Hidup Hemat bagi Anak Kos



8. Panduan Bijak dalam Mengelola Uang Pribadi

9. Sukses Mengelola Keuangan Mahasiswa di Era Digital

10. Prinsip Kakeibo Versi Jawa: Tips Kelola Uang Ala Gen Z

Hanya akan ada tiga terbaik dan satu terfavorit yang akan dihadirkan pada awarding Puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang digelar Minggu (29/10/2023) di The Park Mall Solobaru. Nantikan informasi selanjutnya dari penyelenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya