SOLOPOS.COM - Kantor Imigrasi Surakarta turut memeriahkan HUT ke-74 Imigrasi Indonesia dengan membuka layanan Paspor Simpatik. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO —  Setiap 26 Januari, seluruh jajaran Direktorat Jenderal Imigrasi merayakan Hari Bhakti Imigrasi yang tahun 2024 ini menapaki peringatan ke-74.

Hari Bhakti Imigrasi diperingati sebagai momentum penyerahan Dinas Imigrasi produk Belanda ke pemerintah Indonesia pada 26 Januari 1950. Untuk memeriahkan peringatan tersebut, setiap bulan Januari digelar berbagai acara baik untuk internal maupun eksternal Imigrasi.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Salah satu bentuk kegiatan kepada eksternal tersebut adalah pemberian Layanan Paspor Simpatik” jelas Kepala Kantor Imigrasi Surakarta, Winarko dalam keterangan tertulis.

“Layanan paspor ini diberikan setiap hari Sabtu pada bulan Januari dan sudah mulai diberikan Sabtu kemarin tanggal 6 Januari yang mendapatkan respons positif dari masyarakat” lanjut Winarko.

Dia juga menjelaskan layanan yang tersedia hanya permohonan paspor baru dan penggantian paspor habis berlaku, halaman penuh, atau penggantian ke Paspor Elektronik.

Kantor Imigrasi Surakarta turut memeriahkan HUT ke-74 Imigrasi Indonesia dengan membuka layanan Paspor Simpatik dan kegiatan lain. (Istimewa)
Kantor Imigrasi Surakarta turut memeriahkan HUT ke-74 Imigrasi Indonesia dengan membuka layanan Paspor Simpatik dan kegiatan lain. (Istimewa)

Winarko mengatakan Layanan Paspor Simpatik akan digelar 3 kali selama Januari 2924 ini. Setelah layanan perdana pada 6 Januari, masih ada 2 kali lagi layanan yaitu pada 13 dan 20 Januari.

“Untuk mengikuti Layanan Paspor Simpatik ini, masyarakat tidak perlu antre online, kami sediakan kuota walk-in sebanyak 74 orang” jelas Winarko.

Layanan Paspor Simpatik ini berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB. Selain Layanan Paspor Simpatik, dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Imigrasi, Kantor Imigrasi Surakarta juga akan menggelar bakti sosial, tabur bunga di TMP Jebres, dan pendonoran darah.

“Bakti sosial akan kami berikan ke salah satu Panti Asuhan di Kartasura, sedangkan donor darah yang diselenggarakan tanggal 23 Januari akan diikuti oleh para pegawai namun juga terbuka bagi masyarakat yang sedang berada di Kantor Imigrasi Surakarta pada tanggal tersebut,” ujar Winarko.

Rangkaian peringatan Hari Bhakti Imigrasi akan ditutup dengan Upacara Bendera pada 26 Januari 2024 mendatang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya