SOLOPOS.COM - Ilustrasi menabung (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA–Seseorang dikatakan telah mencapai kemerdekaan atau kebebasan finansial jika memiliki cukup sumber daya keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa harus bergantung sepenuhnya pada penghasilan dari pekerjaan rutin. Singkatnya, orang tersebut dapat menentukan pilihan hidup tanpa harus terlalu khawatir tentang masalah keuangan.

Beberapa orang menilai untuk persiapan menuju kemerdekaan finansial tak perlu segera dimulai. Padahal sejatinya sejak masih berusia produktif atau 20 hingga 30 tahunan seseorang telah dianjurkan untuk mulai menyempurnakan strategi keuangan yang dimiliki supaya bisa merdeka secara finansial pada masa senja nanti.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Perlu diingat, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kemantapan finansial dapat bervariasi untuk setiap individu bergantung pada berbagai faktor, termasuk pendapatan, pengeluaran, investasi, dan tujuan keuangan.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk agar mencapai kemapanan finansial bahkan sebelum pensiun:

1. Berinvestasi Sekarang Juga

Menurut Kepala investasi MassMutual Trust Company, Daken Vanderburg, apabila proses investasi dilakukan secara cermat, maka investor dapat mengantongi return yang sangat menjanjikan.

“Generasi muda menyadari kekuatan tersebut dan, ketika dikombinasikan dengan akses yang lebih mudah terhadap alat investasi, mereka mulai memanfaatkan kekuatan tersebut,” jelasnya seperti dikutip dari Yahoo Finance, baru-baru ini.

2. Tingkatkan Porsi Nilai Investasi

Konsisten menjadi kunci sukses berinvestasi. Salah satunya konsisten menabung dan mengalokasikan anggaran investasi terus meningkat. Anda dapat mengaktifkan fitur auto debit di buku tabungan Anda untuk memastikan anggaran investasi tidak akan tergeser oleh kebutuhan lain.

“Dari sana, investasi Anda akan mulai tumbuh seiring berjalannya waktu, dan sekarang uang Anda bekerja untuk Anda, bukan Anda bekerja untuk uang,” kata mitra dan penasihat kekayaan di Centurion Wealth Management, Darren L. Colananni.

3. Hindari Utang

Pastikan semasa muda Anda memprioritaskan pembayaran utang dengan berbunga tinggi terlebih dahulu. Kurangi penggunaan kartu kredit yang dapat menghambat tujuan keuangan Anda di masa tua.

4. Dana Darurat adalah Keharusan

Keadaan tak terduga seperti masalah kesehatan hingga kehilangan pekerjaan menjadi hal yang paling menakutkan.Dengan terbiasa mempersiapkan dana darurat, Anda dapat menciptakan jaring pengaman finansial yang dapat digunakan ketika pengeluaran jangka pendek muncul. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk terus menabung dan terus maju dalam upaya menjadi kaya pada usia 50 tahun.

5. Diversifikasi Investasi

Alokasikan tabungan ke berbagai sarana investasi seperti saham dan obligasi. Karena, semakin panjang jangka waktu Anda hingga Anda dapat menggunakan tabungan tersebut, semakin besar risiko investasi yang sebaiknya diambil. “Diversifikasi membantu mengelola risiko dan meningkatkan potensi pertumbuhan jangka panjang atas investasi Anda.” jelas Ben Bakkum, ahli strategi investasi senior.

6. Optimalkan Penghasilan

Mencari pekerjaan dan peluang tambahan untuk melipatgandakan penghasilan merupakan hal yang penting untuk dilakukan sejak dini. Mulai membuka bisnis sampingan atau mengikuti pekerjaan paruh waktu yang mampu menambahkan penghasilan tambahan dapat mengakselerasi tabungan Anda dan mempercepat Anda menuju kekayaan jangka panjang.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Dear Milenial, Ini 6 Jurus Agar Mapan sebelum Pensiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya