SOLOPOS.COM - Pebisnis Rudy Indijarto Sugiharto. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Dalam memulai berbisnis dari nol, masyarakat harus mengetahui kunci suksesnya apa sih dan kira-kira apa yang perlu dipersiapkan serta dilakukan?

Meraih sukses dalam berkarier merupakan impian setiap orang. Kesuksesan itu ditandai dengan keberhasilan atau keberuntungan yang dialami oleh seseorang.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Namun, untuk mencapai sukses, jalan yang ditempuh tak mudah dan harus melalui proses serta rintangan yang harus selalu dihadapi.

Dalam menghadapi masalah dan rintangan yang dihadapi itu, masyarakat harus tetap mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, terus bekerja keras, dan pantang menyerah.

Hal tersebut yang juga menjadi kunci sukses seorang pebisnis Rudy Indijarto Sugiharto, pemilik PT Kusuma Mulia Textile, perusahaan yang bergerak di industri tekstil dan garmen.

Rudy mengatakan bagi masyarakat yang ingin terjun ke dunia bisnis dari nol harus mempunyai empat nilai, yakni berdoa, pantang menyerah, bekerja keras, dan menjadi pusat solusi.

“Jangan mengenal kata menyerah, terus bekerja keras, dan juga berdoa supaya berhasil dan bisa menjadi pusat solusi untuk orang lain,” kata Rudy kepada Solopos.com, Rabu (8/11/2023).

Sebelum sukses seperti sekarang, dia mengaku mengalami berbagai proses yang cukup panjang. Bahkan, di masa kecil, dia harus ikut membantu ibunya setelah sang ayah meninggal dunia ketika dia berusia 12 tahun. Sebagai anak tertua, dia mau tak mau harus ikut turun langsung membantu sang ibu di kios tekstil yang berada di Kudus, Jawa Tengah.

Berbagai proses dia lewati hingga dia berhasil duduk di bangku kuliah Jurusan Akutansi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Saat masih kuliah, dia juga memulai bisnis kecil-kecilan dengan mengunjungi pedagang-pedagang kecil di berbagai daerah, termasuk UMKM di Jogja. Berawal dari bawah di bangku kuliah, dia pun mengerti arti kesuksesan sebenarnya berkat empat kunci yang ia terapkan tadi.

Setelah lulus, Rudy pun memberanikan diri membuka usaha tekstil, tepatnya pada 1994. Dalam menjalankan bisnisnya itu, dia juga belajar untuk mempunyai mental yang kuat dan daya juang yang tinggi.

“Orang sukses harus punya mental kuat dan daya juang tinggi. Jangan lupa doa yang kuat juga. Moto saya, kita jadi orang sukses, harus kerja keras dan menjadi pusat solusi,” ungkap dia.

Kunci Sukses Berbisnis Jadi Pusat Solusi

Pria yang kini juga menjabat sebagai Wakil Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Cabang Solo ini kembali menekankan pentingnya kunci menjadi pusat solusi dalam mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Nilai tersebut juga dia lakukan dalam semua lini bisnisnya di bidang tekstil maupun plastik dan batubara. Apalagi dalam bisnis ada naik turunnya, terutama saat terjadi resesi ekonomi di luar negeri yang secara tidak langsung berdampak pada unit usahanya.

Bagi dia, bermacam-macam masalah tersebut harus bisa diatasi dengan memegang nilai menjadi pusat solusi. Dengan begitu, jalan keluar akan mudah diperoleh.

“Kalau niatan kita baik pasti ada jalan keluarnya. Kita jadi pemimpin juga harus bisa mengelola yang tidak baik menjadi baik karena kita itu memegang prinsip pusat solusi,” katanya.

Hal ini pun diakui oleh salah seorang karyawannya, Dian Riantoni, yang saat ini menjabat HRD. Dia menganggap Rudy merupakan sosok yang bisa memecahkan semua masalah yang ada di lapangan.

“Kalau Pak Rudy sudah saya anggap bapak saya sendiri. Pak Rudy itu dari berbagai masalah pasti welcome. Mungkin bos di tempat lain kalau ada masalah enggak mau tahu, tapi kalau Pak Rudy tidak. Beliau membantu memecahkan masalah, dia memberikan solusi,” jelas Dian.

Bahkan, menurut dia kunci sukses Rudy Indijarto hingga bisa seperti sekarang dalam berusaha adalah pusat solusi. “Dia [Rudy] seperti ini, imani yang baik hasilnya juga akan baik. Beliau banyak sekali memberikan motivasi untuk menjadi tempat solusi,” cerita dia.

Meski sudah sukses seperti sekarang, Rudy mengaku belum merasa puas. Dia ingin membantu banyak pelaku usaha, terutama UMKM lebih banyak seperti yang dia lakukan sekarang. Dia ingin terus berguna bagi banyak orang karena hal tersebut menjadi salah satu cita-citanya dalam kehidupan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya