SOLOPOS.COM - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (kominfo.go.id)

Solopos.com, JAKARTA–Kinerja industri manufaktur diyakini bisa mencapai target 5,8 persen pada tahun 2024 di tengah tantangan dampak geoekonomi dan geopolitik global. Optimisme itu disampaikan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyusul peran industri manufaktur sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi nasional selama ini.

Laporan safeguardglobal.com menyebutkan Indonesia masuk 10 besar penyumbang produk manufaktur dunia, yang sekaligus satu-satunya negara ASEAN di dalam daftar tersebut.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Dalam publikasi tersebut terungkap Indonesia berkontribusi sebesar 1,4 persen terhadap produk manufaktur global. Posisi prestisius ini merupakan kenaikan yang berarti, karena pada empat tahun yang lalu, Indonesia masih berada di posisi ke-16.

“Alhamdulillah, industri manufaktur bisa dikelola bersama dengan baik, sehingga pertumbuhannya terus meningkat. Ini yang harus menjadi fokus dan perhatian kita bersama ke depannya,” kata Menperin dalam keterangan di Jakarta, Minggu (14/1/2024).

Menurut Agus Gumiwang, peran penting industri manufaktur nasional tercermin dari kontribusinya yang tergolong paling besar terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional, dengan capaian 16,83 persen pada triwulan III tahun 2023.

Sementara itu, pada periode yang sama, pertumbuhan industri manufaktur menembus 5,02 persen, mampu melampaui pertumbuhan ekonomi nasional yang berada di angka 4,94 persen.

Menperin menyampaikan industri manufaktur juga konsisten menjadi kontributor terbesar dalam capaian nilai ekspor Indonesia. “Pada periode Januari-November, ekspor produk manufaktur masih mendominasi dengan nilai lebih dari 171,23 miliar dolar AS,” papar Menperin, yang dilansir Antara.

Lebih lanjut, Menperin menyatakan optimistis performa industri manufaktur semakin menjulang di Tahun Naga Kayu, seiring dengan harapan membaiknya kondisi global dan perekonomian nasional.

“Kami memproyeksi untuk pertumbuhan industri pengolahan nonmigas tahun 2023 sebesar 4,81 persen, dan kami tetapkan target tahun 2024 sebesar 5,80 persen,” sebutnya.

Untuk membidik sasaran tersebut, Kemenperin fokus menjalankan berbagai program prioritas pada tahun 2024. Misalnya, program pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis kompetensi, program restrukturisasi mesin dan/atau peralatan kepada pelaku industri kecil dan menengah (IKM), serta program penumbuhan wirausaha baru dan pengembangan IKM startup berbasis teknologi.

Dilakukan pula upaya peningkatan nilai tambah dan daya saing industri melalui program sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), melanjutkan hilirisasi sumber daya alam di tiga sektor, yakni industri berbasis agro, industri berbasis bahan tambang dan mineral, serta industri berbasis migas dan batubara.

“Kami juga akan melaksanakan program bantuan pemerintah untuk pembelian KBLBB roda dua baru, pengembangan kawasan industri, serta fasilitasi sertifikasi industri hijau,” imbuhnya.

Sebagai informasi, postur pagu anggaran Kemenperin dalam APBN tahun 2024 sebesar Rp3,76 triliun. Menperin menegaskan pihaknya bertekad mengoptimalkan penyerapan anggaran untuk melaksanakan berbagai program prioritas dalam upaya pengembangan industri nasional.

Pada tahun 2023, pagu Kemenperin mencapai Rp4,53 triliun, termasuk di dalamnya adalah pagu Anggaran Belanja Tambahan (ABT) subsidi motor listrik sebesar Rp1,4 triliun.

“Penyerapan anggaran kami pada tahun 2023 sebesar Rp3,16 triliun. Tetapi jika tanpa ABT subsidi motor listrik, realisasinya sebesar 98,3 persen atau naik dibanding realisasi tahun 2022 sebesar 98,1 persen,” ungkapnya.

Diterangkan Menperin, serapan dari program subsidi motor listrik tersebut pada tahun 2023 mencapai 11.532 unit atau senilai Rp80,7 miliar dari target yang ditetapkan sebesar 200.000 unit dengan total anggaran Rp1,4 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya